The Nusa Dua sabet juara wisata berkelanjutan

Minggu, 01 Oktober 2017 | 17:00 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
The Nusa Dua sabet juara wisata berkelanjutan


INDUSTRI PARIWISATA - The Nusa Dua sebagai kawasan yang dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) meraih penghargaan tertinggi Green Platinum (juara umum) dalam ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA).

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, APDPI 2017 ini adalah bentuk apresiasi dan insentif dari Pemerintah (Kempar) kepada pelaku pariwisata untuk meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia menuju kelas dunia.

Menurut Arief Yahya, memiliki keunggulan dalam menjaga lingkungan dengan menerapkan environment sustainability atau tourism sustainability adalah prinsip utama. ‘Semakin dilestarikan, semakin menyejahterakan," ujar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Minggu (1/10).

Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer menyatakan penghargaan yang diterima ini merupakan bukti kepercayaan Pemerintah dan para pemangku kepentingan lainnya atas kualitas pengembangan The Nusa Dua sebagai salah satu destinasi MICE indoor dan outdoor terbaik dan terlengkap di dunia.

"ITDC akan terus mengembangkan kawasan yang dikelola sesuai dengan tugas kami sebagai BUMN dengan lini bisnis mengelola dan mengembangkan destinasi wisata di Indonesia," tutur Abdulbar.

Saat ini, The Nusa Dua dilengkapi fasilitas MICE indoor berkapasitas 15.000 pax didukung 5.000 kamar hotel berbintang, pusat perbelanjaan, museum, cultural venues, lapangan golf, rumah sakit, fasilitas pariwisata lainnya, serta resort office yang akan dibangun dalam waktu dekat. ITDC juga tengah mengembangkan Pulau Peninsula sebagai lokasi kegiatan MICE outdoor.

The Nusa Dua juga terpilih menjadi main host IMF/World Bank Meeting yang akan digelar pada 14-18 Oktober 2018.

Abdulbar M Mansoer menambahkan, prestasi yang diperoleh The Nusa Dua ini menjadi salah satu momentum bagi ITDC untuk terus mendorong pengembangan kawasan The Nusa Dua. Ke depan akan banyak pengembangan di kawasan The Nusa Dua seperti Luxury Factory Outlet kelas dunia, Cartoon Network Theme Park, dan Hotel Shangrilla. Hotel Shangrilla bahkan direncanakan akan dilakukan grand opening tahun 2018. Semoga penghargaan ini dapat makin memacu kami untuk terus fokus mengembangkan destinasi wisata di Indonesia sehingga target kunjungan wisatawan yang ditetapkan dapat tercapai.

Ajang ISTA 2017 ini diikuti 96 peserta pendaftar, kemudian setelah melalui proses desk evaluation oleh tim juri akhirnya ditetapkan 24 pengelola destinasi sebagai nominasi penerima ISTA yang diberikan dalam malam apresiasi APDPI 2017. Beberapa penerima penghargaan APDPI 2017 ini, akan diikutkan dalam ajang ASEAN Tourism Awards 2018 saat berlangsung kegiatan ASEAN Tourism Forum (ATF) di Chiang Mai, Thailand pada Januari 2018.


ITDC Raih Juara Indonesia Sustainable Tourism Award

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru