Tidak perlu bingung, ini 5 cara ampuh menghadapi emosi anak yang sering berubah

Senin, 09 November 2020 | 13:29 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tidak perlu bingung, ini 5 cara ampuh menghadapi emosi anak yang sering berubah

ILUSTRASI. Tidak perlu bingung, ini 5 cara ampuh menghadapi emosi anak yang sering berubah.


PARENTING -  Emosi pada anak-anak sering berubah. Terkadang, hal ini menyulitkan orangtua. Tidak sedikit orang tua yang kebingungan mencari cara menghadapi perubahan emosi anak. 

Perkembangan manusia paling banyak terjadi saat masa kanak-kanak. Tidak hanya tubuh, kepintaran dan emosi juga berkembang saat masih anak-anak. 

Tidak heran anak-anak sering mengalami perubahan emosi yang tidak terduga. Sebab, mereka masih dalam tahap belajar. 

Sebagai orangtua, mungkin Anda kebingungan mengatasi emosi anak yang kadang meledak-ledak. Tapi, Anda bisa menggunakan cara yang dibagikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kemendikbud mengunggah cara mudah menghadapi perubahan emosi anak melalui akun Instagram resminya (8/11/2020). Berikut cara menghadapi perubahan emosi anak yang dihimpun dari Instagram Kemendikbud:

Baca Juga: Patut dicoba, inilah 4 cara mengatasi anak susah makan

cara menghadapi emosi anak

  • Memberikan pelajaran emosi

Anak-anak umumnya belum paham tentang emosi yang mereka miliki. Karenanya, orangtua berperan penting mengenalkan apa itu emosi. 

Anda bisa menceritakan pengalaman yang berkaitan tentang emosi saat di masa kecil. Ceritakan bagaimana Anda mengatasi emosi tersebut saat masih anak-anak. 

Pengalaman Anda bisa menjadi contoh yang baik untuk anak. Mereka bisa tahu sebab dan akibat dari perasaan atau emosi. 

  • Mengarahkan anak

Selain memberikan pembelajaran, jangan lupa arahkan anak. Berikan arahan saat anak merasakan suasana hati tertentu. Dengan cara ini, anak bisa belajar memahami emosi yang mereka miliki. 

Mereka belajar mengenai emosi yang positif seperti senang, bangga, dan cinta. Anak-anak juga belajar emosi negatif seperti marah, kecewa, dan sedih.

Baca Juga: Mahasiswa, yuk kembangkan soft skill dengan cara ini meski pandemi masih berlangsung

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru