Tiga Game Developer Indonesia Dapat Salah Satu Sertifikasi Global, Siapa Saja Mereka?

Kamis, 06 Juli 2023 | 04:29 WIB   Penulis: Arif Budianto
Tiga Game Developer Indonesia Dapat Salah Satu Sertifikasi Global, Siapa Saja Mereka?

ILUSTRASI. Tiga Game Developer Indonesia Dapat Salah Satu Sertifikasi Global, Siapa Saja Mereka?


GAME - Inilah tiga game developer asal Indonesia yang mendapatkan salah satu sertifikasi global yang paling dicari di dunia gaming, siapa saja mereka? Mereka bertiga merupakan talenta muda Indonesia yang lulus dari ujian menantang dan telah menajdi Unity Cerified Associate Game Developer.

Pada gelaran acara Google for Indonesia 20223, Google Play mengumumkan kemitraan bersama Unity dan Asosiasi  Game Indonesia (AGI) dengan meluncurkan program Google Play x Unity Game Developer Training. 

Bagi yang belum tahu, Google Play dan Unity berpartner untuk mengadakan pelatihan dan sertifikasi Unity online bagi game developer atau mahasiswa di Indonesia. Unity sendiri merupakan platform terdepan di dunia  dalam pembuatan dan pengoperasian konten 3D real-time interaktif. 

Menariknya lagi, sertifikasi Unity diakui secara global oleh perusahaan di industri game dan merupakan kualifikasi yang banyak dibutuhkan.

Selain bagi game developer, program tersebut membuka peluang bagi mahasiswa di 21 Universitas di Indonesia untuk mendaptkan pelatihan dan sertifikasi dari Unity. Setelah melewati ujian yang menantang, tiga talenta muda Indonesia berhasil lulus dan menjadi Unity Certified Associate Game Developer.

Muhammad Ramadhan Rizki Daulay, Junior Programmer di Digital Breeze Interactive

Program ini mendapatkan sambungan hangat dari para developer game muda di Indonesia, salah satunya adalah Ramadhan Rizi Daulay, seorang pemuda 23 tahun asal Medan yang sekarang menjadi junior programmer di Digital Breeze Interactive.

Baginya, dengan mengikuti program ini, ia mendapat kesempatan bertemu dengan komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama sehingga terdapat banyak peluang untuk berdiskusi dan berkolaborasi.

"Selain bermanfaat, program ini menurut saya sangat membantu industri game di Indonesia. Dengan banyaknya developer yang mendapat p elatihan, semakin banyak pula developer game berkualitas di Indonesia," ujar Rizki.

"Melalui pgoram ini, saya mendapat teman dan koneksi baru di industri game yang bisa melahirkan kolaborasi baru. Program ini cocok bagi siapapun yang ingin memulai karir di industri game atau para developer yang sudah masuk di industri."

Dengan kata lain program ini dapat perluas koneksi dengan sesama developer game di Indonesia.

Selain Rizki, Ahmad dan Gerado membagikan apa yang mereka dapat setelah mengikuti program tersebut.

Baca Juga: BAF Kembali Gelar Safety Riding Science for Kids di Jakarta Fair 2023

Ahmad Tuflihun, Augmented Reality Devleoper di nuMetagen - Unity Certified Assosiate

Bagi Ahmad Turflihin, pemuda 23 tahun asal Pontianak yang sekarang telah berkarir sebagai augmented reality developer di nuMetagen, mengikuti program Unity Certified Associate Game Developer memotivasinya untuk menguji kemampuan dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki.

Terlebih dengan program yang didukung Google, ia optimis dapat mengetahui standar pemrograman di ranah global.

"Melakukan ujian sertifikasi sangat penting, terutama bagi seseorang yang kurang percaya diri dengan kemampuannya atau belum berani memulai karir di bidang yang diinginkan.

Tidak hanya programmer, bahkan desainer juga perlu melakukannya." terang Ahmad.

"Banyak hal yang masih perlu dieksplorasi, kita bisa belajar bersama untuk memahami berbagai macam pola desain sauatu aplikasi atau game.

Pengalaman ini membuka wawasan untuk meningkatkan kemampuan lebih tinggi lagi."

Program tersebut juga bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri akan kualitas developer game di Indonesia.

Gerardo Keandre Lisrianto, Junior Unity Developer di Magnus Digital Indonesia - Unity Certified Asso

Masih ada satu lagi, sosok pemuda bernama Gerardo Keandre Lisrianto, umur 22 tahun asal Bekasi ini merupakan seseorang yang menaruh minat tinggi di dunia game development sejak di bangku sekolah. Ia menjadi junior Unity developer di Magnus Digital Indonesia.

Hadirnya platform Unity Pro Training menawarkan banyak kursus dan jalur pembelajaran yang menyenangkan.

"Semua pelatihan dan ujian yang ditawarkan disusun secara rapi dan memiliki nilai yang sangat tinggi. Mengikuti program pelatihan membantu saya mempelajari cara membuat ekosistem dan alur kerja yang baik untuk tim developer game, bagaimana merencanakan sebuah proyek dan mengembangkannya, juka mengetahui praktik terbaik dalam pengembangan game Unity," tutup Gerardo.

Di saat bersamaan, program ini memberikan kesempatan belajar yang luas dan gratis bagi siapa saja yang berminat.

Baca Juga: 4 Hal Ini Perlu Diajarkan Pada Anak Sebelum Masuk SD, Jangan Cuma Calistung

Para peserta yang berhasil mengikuti program, dapat memilih tiga jalur pembelajaran terkait pengembangan game yaitu sebagai devleoper, artist, atau programmer

Selain mendapatkan materi pelatihan yang berstandar global, program ini pun menawarkan berbagai kesempatan menarik bagi para pesertanya.

Para peserta juga mendapat peluang untuk mengikuti pelatihan lain diluar learning path yang dipilih secara gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru