Tim Bulu Tangkis Indonesia Siap Bertanding di Thomas dan Uber Cup 2024

Rabu, 24 April 2024 | 09:10 WIB Sumber: Kompas.com
Tim Bulu Tangkis Indonesia Siap Bertanding di Thomas dan Uber Cup 2024

ILUSTRASI. Tim bulu tangkis Indonesia sedang dalam perjalanan menuju ke Chengdu, China, untuk bertanding di Thomas dan Uber Cup 2024.. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.


OLAHRAGA - JAKARTA. Tim bulu tangkis Indonesia sedang dalam perjalanan menuju ke Chengdu, China, untuk bertanding di Thomas dan Uber Cup 2024. 

Jadwal Thomas-Uber Cup 2024 bakal digelar di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium, China, 27 April-5 Mei 2024. 

Tim bulu tangkis Indonesia sudah berangkat ke Chengdu, China, pada Rabu (24/4/2024) pukul 00.50 WIB menggunakan pesawat Cathay Airlines CX978 via Hong Kong. 

Tim putra Indonesia berada di Grup C Thomas Cup 2024 bersama India yang berstatus juara bertahan, Thailand, dan Inggris. 

Baca Juga: Jonatan Christie Juara All England 2024, Kalahkan Anthony Ginting di Laga Final

Sementara, tim putri Merah Putih juga menempati Grup C Uber Cup 2024 dengan Jepang, Hong Kong, dan Uganda. 

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI (Kabid Binpres), Ricky Soebagja, menargetkan Indonesia menjuarai Thomas Cup 2024. 

"Kami juara pada 2020 dan runner-up pada 2022. Mudah-mudahan tahun ini Piala Thomas kami bisa bawa pulang kembali ke Tanah Air," ujar Ricky dalam keterangan PBSI. 

"Syaratnya, teman-teman atlet harus benar-benar dalam kondisi yang prima dan tampil spartan. Kami berada di grup dengan kekuatan yang merata, yakni India, Inggris, dan Thailand," ungkapnya. 

"Kami harus punya strategi yang tepat pada masing-masing nomor," ujar Ricky. 

Baca Juga: Komitmen Herbalife dalam Memberikan Edukasi Gaya Hidup Sehat dan Aktif

Sementara untuk tim putri Indonesia, PBSI punya target realistis bagi Gregoria Mariska Tunjung dkk, yaitu menembus semifinal Uber Cup 2024. 

"Kami punya modal yang bagus. Gregoria makin menemukan format permainan yang pas. Untuk ganda, kami tetap perlu memasukkan Apriyani/Fadia sebagai ganda putri pertama untuk mendampingi Lanny/Ribka dan Meilysa/Rachel," ujar Ricky. 

"Lanny/Ribka juara Swiss Open dan Meilysa/Rachel juga Orleans Masters. Ini juga energi positif. Fokusnya adalah memenangi fase grup dulu. Setelah itu, kita lihat strategi selanjutnya," ujar Ricky. 

Indonesia terakhir kali menjuarai Thomas Cup 2020 yang digelar pada Oktober 2021 di Denmark. Keberhasilan itu membuat Indonesia melanjutkan dominasi di Thomas Cup dengan raihan 14 gelar. 

Namun, Indonesia gagal mempertahankan trofi pada Piala Thomas 2022 di Thailand dan finis sebagai runner-up usai kalah 0-3 dari India. 

Sementara itu, tim putri Indonesia terakhir kali menjadi juara pada 1996. Pada partisipasi terakhir di Uber Cup 2022, Indonesia terhenti di perempat final setelah kalah dari China. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tim Indonesia Bertolak ke China, Target Juara Thomas Cup 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru