Timnas Indonesia Menang 3-0 di Kandang Vietnam di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 26 Maret 2024 | 21:15 WIB Sumber: Kompas.com
Timnas Indonesia Menang 3-0 di Kandang Vietnam di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan coba melewati kawalan pemain Timnas Vietnam, di Hanoi, Selasa (26/3/2024).


SEPAK BOLA - Timnas Indonesia menang 3-0 di kandang Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Gol Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta pastikan kemenangan Garuda.

Laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Vietnam vs Indonesia di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa 926/3/2024) berakhir dengan skor 0-3.

Timnas Indonesia yang berstatus tamu mencuri kemenangan di Hanoi berkat gol cepat Jay Idzes (9'), sepakan kaki kiri Ragnar Oratmangoen (23'), dan sontekan Ramadhan Sananta (90+8').

Baca Juga: Timnas Indonesia Unggul 2-0 Atas Vietnam di Babak Pertama

Inilah kemenangan pertama timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi sejak 2004. Kala itu, skuad Garuda membekuk tuan rumah Vietnam 3-0 pada fase grup Piala Tiger 2024, yakni 11 Desember 2024.

Timnas Indonesia juga sukses mencatatkan tiga kemenangan beruntun lawan Vietnam untuk kali pertama sepanjang sejarah pertemuan kedua negara.

Berkat hasil ini timnas Indonesia memantapkan posisi mereka di tangga kedua klasemen Gup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan tujuh angka dari empat partai.

Timnas Indonesia berselisih lima angka dari Irak yang menggilas Filipina 5-0 pada laga keempat Grup F. Di sisi lain, Vietnam masih tertahan di peringkat tiga dengan catatan satu kemenangan dan tiga kekalahan.

Jay Idzes yang mencatat debut bersama timnas Indonesia sepekan silam dalam duel kontra Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno, kini tampil sebagai pemecah kebuntuan dan sukses mempersembahkan gol pertamanya buat Garuda.

Pada menit kesembilan, Jay Idzes yang tak terkawal sukses menanduk masuk servis dari Thom Haye melalui sepak pojok.

Alhasil, Idzes mengemas gol pertama, sedangkan Thom Haye mengemas assist pada laga debutnya bersama timnas Indonesia.

Gol Indonesia itu tercipta usai timnas Vietnam memberikan ancaman lebih dahulu pada menit kelima via tembakan Khuat Van Khang yang bisa ditangkap Ernando Ari Sutaryadi.

Ernando Ari tampak sigap meski sebelumnya ia diragukan bisa mentas sebagai starter karrena baru pulih dari cedera dislokasi bahu.

Kiper Persebaya itu bahkan terbang menyusul ke Vietnam dengan pesawat umum untuk melengkapi skuad timnas Indonesia yang dilanda masalah kebugaran Ernando menggantikan tempat Nadeo Argawinata yang terjangkit demam.

Baca Juga: Beberapa Pilar Pemain Timnas Absen Lawan Vietnam Nanti Malam

Ivar Jenner, Dimas Drajad, dan Pratama Arhan juga ditinggal di Jakarta karena jatuh sakit.

Dalam laga tandang ke Vietnam, timnas Indonesia juga mesti kehilangan Marck Klok (cedera) dan Sandy Walsh (akumulasi kartu). 

Karena itu, pemain yang belum lama melakukan sumpah WNI seperti Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pun mengisi susunan starter timnas Indonesia di Stadion My Dinh.

Ragnar Oratmangoen langsung bisa menunjukkan kualitasnya. Pada menit ke-23, ia bisa menggandakan keunggulan Indonesia melalui sepakan mendatar memakai kaki kiri.

Penyerang yang kini membela Fortuna Sittard itu melakukan penyelesaian setelah lolos dari kerubungan empat pemain Vietnam.

Tertinggal 0-2, tuan rumah Vietnam mencoa bereaksi. Kans apik mereka dapatkan via Nguyen Tien Linh pada menit ke-28.

Akan tetapi, sepakan Nguyen Tien Linh masih tipis menyamping ke kanan gawang Ernando Ari. Upaya Vietnam memecah kebuntuan belum juga sukses pada menit ke-33 kala sepakan bebas Khuat Van Khang dimentahkan secara apik oleh Ernando Ari.

Sepakan Nguyen Hoang Duc (44') juga masih menyamping. Tim tuan rumah pun ketinggalan 0-2 pada babak pertama. Pada babak kedua, timnas Indonesia sedikit menurunkan tempo dan lebih banyak tertekan.

Vietnam beberapa kali mencoba memasuki kotak penalti skuad Garuda dengan cara melakukan lemparan ke dalam panjang ala Pratama Arhan.

Lemparan ke dalam dilakukan pemain bernomor punggung 15, Nguyen Dinh Bac. Di sisi lain, Indonesia mengintip peluang melalui serangan balik, salah satunya pada menit ke-56 kala operan dilang Nathan Tjoe-A-On tak bisa disambut oleh Ragnar maupun Egy Maulana Vikri.

Sampai laga menyisakan 15 menit, timnas Indonesia masih bisa utuh menjaga keunggulan. Tekel krusial Yakob Sayuri pada menit ke-69 dan blok terhadap sebuah tembakan pemain Vietnam pada menit ke-76 mengamankan gawang Ernando Ari dari ancaman.

Ragnar Oratmangoen lantas memiliki kans untuk menajamkan keunggulan Indonesia. Akan tetapi, tembakannya pada menit ke-80 masih melenceng.

Timnas Indonesia kemudian memantapkan kemenangan via gol Ramadhan Sananta (90+8'). Ia menyodok masuk bola liar hasil tembakan Edo Febriansah dari kotak penalti.

Baca Juga: Melang Lawan Vietnam, Erick Thohir: Pemain Harus Fokus Laga Selanjutnya

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia

Vietnam (3-4-3): 1-Filip Nguyen; 12-Phan Tuan Tai, 20-Bui Hoang Viet Anh, 4-Bui Tien Dung; 17-Vu Van Thanh (15-Dinh Bac 31'), 8-Do Hung Dung, 16-Nguyen Thai Son (10-Le Pham Thanh Long 46'), 7-Pham Xuan Manh (9-Nguyen Van Toan 59'); 18-Khuat Van Khang (3-Min Trong Vo 66'), 22-Nguyen Tien Linh (13-Tan Tai Ho 59'), 14-Nguyen Hoang Duc.

Pelatih: Philippe Troussier.

Indonesia (3-4-3): 22-Ernando Ari; 4-Jay Idzes, 5-Rizky Ridho, 23-Justin Hubner; 14-Asnawi Mangkualam (2-Yakob Sayuri 46'), 7-Marselino Ferdinan, 19-Thom Haye, 6-Nathan Tjoe-A-On (17-Edo Febriansah 90+4'); 11-Ragnar Oratmangoen (15-Ricky Kambuaya 90+5'), 20-Hokky Caraka (10-Egy Maulana Vikri 46'), 8-Witan Sulaeman (9-Ramadhan Sananta 77').

Pelatih: Shin Tae-yong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Vietnam Vs Indonesia: Garuda Menang 3-0, Putus Dahaga 20 Tahun"

 

Selanjutnya: Harga Gas Alam di Eropa Naik di Tengah Lebihnya Pasokan AS, Ini Penyebabnya

Menarik Dibaca: Periksa Kelaikan Bus di Aplikasi MitraDarat, Begini Caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru