Timnas Indonesia Menang Telak 2-0 atas Turkmenistan di Laga FIFA Matchday di Surabaya

Sabtu, 09 September 2023 | 01:12 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Timnas Indonesia Menang Telak 2-0 atas Turkmenistan di Laga FIFA Matchday di Surabaya

ILUSTRASI. Egy Maulana Vikri mencetak gol kedua bagi Indonesia melalui sepakan kaki kirinya, menggandakan keunggulan menjadi 2-0 Foto Dok. PSSI


FIFA - SURABAYA. Timnas Indonesia menunjukkan performa gemilang saat menghadapi Turkmenistan dalam laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Jumat (8/9). Dalam pertandingan ini, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan skor akhir 2-0.

Pertandingan dimulai dengan hati-hati, kedua tim berusaha untuk mencari celah dalam pertahanan lawan. Turkmenistan sempat melakukan beberapa percobaan tendangan ke arah gawang, tetapi tidak ada yang berhasil membuahkan hasil.

Baca Juga: Timnas U-23 Mulai Persiapan Lawan Taiwan Sabtu (9/9) Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Namun, Timnas Indonesia semakin percaya diri seiring berjalannya waktu dan berhasil menguasai permainan. Mereka berkali-kali mencoba membongkar pertahanan Turkmenistan.

Pada menit ke-19, gol perdana tercipta setelah bola umpan panjang dari Jordi Amat berhasil dihalau oleh bek Turkmenistan. Bola jatuh ke kaki Dendy Sulistyawan, striker Bhayangkara FC, yang melepaskan tembakan parabol dari luar kotak penalti, membuat skor menjadi 1-0 untuk Timnas Indonesia.

Turkmenistan hampir menyamakan kedudukan, namun tendangan kaki kiri sang kapten, Tagayev Elman, melebar tipis di samping kanan gawang Nadeo. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia tetap bertahan hingga turun minum.

Timnas Indonesia

Pada babak kedua, Timnas Indonesia tidak mengendurkan serangan mereka. Hasilnya, Egy Maulana Vikri mencetak gol kedua bagi Indonesia melalui sepakan kaki kirinya, menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Setelah pertandingan, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan perubahan taktik yang diterapkan pada timnya. Ia mencatat bahwa Timnas Indonesia memulai pertandingan dengan formasi 3-5-2 dan tiga pemain bertahan di belakang. Namun, pada babak kedua, mereka beralih ke formasi 4-5-1 yang lebih fokus pada serangan.

"Dari hasil itu kami akhirnya menang. Apresiasi kepada pemain yang telah bermain baik dan mampu meraih kemenangan malam ini," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga: Segera Daftar! Penjualan Tiket Pertandingan FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 Dibuka

Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga memberikan penghargaan kepada penjaga gawang Nadeo Argawinata yang melakukan beberapa penyelamatan penting meskipun ada beberapa kesalahan yang dilakukan.

"Nadeo bermain bagus, dia cukup banyak melakukan save, meskipun melakukan beberapa kesalahan tapi hal itu ditutup dengan penyelamatan yang bagus," tambahnya.

Dendy Sulistyawan, salah satu pencetak gol dalam pertandingan, juga mengungkapkan rasa bangga atas performa tim. "Dalam permainan ini semua pemain bermain cukup bagus karena telah bekerja keras semua," katanya.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia memberikan penampilan yang mengesankan di laga FIFA Matchday dan terus memperkuat posisinya di kancah internasional.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia:

1-Nadeo Arga Winata (PG), 28-Alfeandra Dewangga, 4-Jordi Amat, 5-Sandy Walsh, 3-Edo Febriansah, 14-Asnawi Mangkualam (Kapten), 18-Adam Alis, 15-Ricki Kambuaya, 23-Marc Klok, 17-Saddil Ramdani, 11-Dendy Sulistyawan

Cadangan:

20-Reza Arya Pratama (PG), 25-Syahrul Trisna (PG), 2-Andy Setyo, 19-Fachruddin Aryanto, 16-Wahyu Prasetyo, 24-Dzaki Asraf, 13-Rachmat Irianto, 7-Stefano Lilipaly, 8-Ryan Kurnia, 9-Aji Kusuma, 10-Egy Maulana Vikri

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Turkmenistan:

16-Babayev Batyr (PG), 2-Annagulyyev Guychhmyrat, 5-Bashimov Abdy, 12-Mammedov Ybrayym, 3-Soyunov Shohrat, 9-Annayev Myrat, 13-Ballakov Yelmyrat, 7-Mingazov Ruslan, 22-Tamurkin Ilya, 10-Tagayev Elman (Kapten), 14-Tirikishov Shanazar

Cadangan:

1-Charyevev Rasul (PG), 15-Geldiyev Ata, 6-Hojovov Hoshgeldi, 23-Jumayev Vepa, 4-Saparov Mekan, 8-Ahmet Atayev, 21-Charyyev Teymur, 18-Gurbanov Yazgylych, 19-Hojamammedov Dovran, 11-Nurmyradov Selim, 17-Abdyrahmanov Alibek, 20-Bayov Begmyrat

Pelatih: Mergen Orazov

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru