Style

Tindakan Operasi Untuk Mengatasi Gerd, Seberapa Efektif?

Minggu, 15 September 2024 | 14:44 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Tindakan Operasi Untuk Mengatasi Gerd, Seberapa Efektif?

ILUSTRASI. GERD


KESEHATAN - JAKARTA.  Gerd atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi ketika asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. Penyakit ini menyerang berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Gejala umum gerd meliputi rasa terbakar di dada (heartburn), regurgitasi asam lambung, kesulitan menelan, batuk kronis dan suara serak. Meskipun pengobatan dengan obat-obatan dapat mengurangi gejala, tidak semua pasien mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk kasus gerd yang tidak dapat diatasi dengan terapi medis, beberapa rumah sakit menyediakan solusi modern melalui bedah laparoskopi. Salah satunya, Bethsaida Hospital Gading Serpong.

Baca Juga: Ini Syarat yang Harus Dilakukan Agar GERD Bisa Disembuhkan secara Permanen

Eko Priatno, Dokter Spesialis Bedah Digestif Bethsaida Hospital Gading Serpong menjelaskan, bedah laparoskopi adalah prosedur minimal invasif yang hanya memerlukan sayatan kecil untuk memasukkan kamera dan alat bedah khusus. Metode ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan operasi terbuka tradisional, seperti pemulihan yang lebih cepat, risiko infeksi yang lebih rendah, serta nyeri pasca operasi yang minimal.

“Laparoskopi untuk gerd adalah pilihan bagi pasien yang tidak merespons dengan baik terhadap obat-obatan. Dengan teknik ini, kami dapat memperbaiki katup antara lambung dan esofagus yang menjadi penyebab utama refluks asam. Pasien biasanya dapat kembali beraktivitas normal dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan operasi konvensional," papar Eko, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (14/9).

 

 

 

Selanjutnya: Trump Berjanji Bakal Mendeportasi Massal Warga Haiti di Kota Ohio, Ada Masalah Apa?

Menarik Dibaca: Hindari, 7 Warna Kabinet Dapur ini Bakal Usang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru