CLOSE [X]

Tingkatkan Kompetensi Pengajar, BNI dan Orbit Berkolaborasi Bagikan Sertifikasi Guru

Kamis, 08 Februari 2024 | 08:20 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
Tingkatkan Kompetensi Pengajar, BNI dan Orbit Berkolaborasi Bagikan Sertifikasi Guru

ILUSTRASI. Dalam rangka meningkatkan kompetensi mengajar, BNI berbagi sertifikasi untuk 1000 guru di Indonesia.


PENDIDIKAN - PT Bank Negara Indonesia atau BNI membagikan ribuan sertifikasi untuk guru guna tingkatkan kompetensi pengajar Indonesia.

Program ini sejalan dengan misi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan kapasitas guru menjadi guru digital. 

Sertifikasi guru akan diberikan kepada 1.000 guru yang tersebar di Provinsi Riau, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain sertifikasi, BNI juga akan memberikan literasi dan edukasi keuangan kepada siswa di salah satu sekolah di masing-masing provinsi.

Lewat BNI Berbagi Sertifikasi Guru, harapannya, bisa meningkatkan guru untuk mengajar lebih efektif menggunakan teknologi dan kurikulum Merdeka.

Dalam sambutannya dalam acara Kick Off dan Press Conference BNI Berbagi Sertifikasi Guru Merdeka, Okki Rushartomo, Corporate Secretary BNI mengungkapkan, program tersebut diberikan sebagai salah satu bentuk kepedulian BNI dalam meningkatkan pendidikan yang berkualitas.

Baca Juga: Kisah Guru Honorer yang Merubah Hidup melalui Shopee Affiliate dan Shopee Live

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap dunia pendidikan di Indonesia. BNI akan memberikan 1.000 sertifikasi guru dan pelatihan," ujarnya.

Okki menjelaskan, sebagai nilai tambah, guru tidak hanya akan mendapatkan sertifikat nasional yang akan diakui oleh Kemendikbudristek, namun juga sertifikat internasional dari Microsoft yang bernama Microsoft Certified Educator. Adapun BNI berkolaborasi dengan Orbit Future Academy. 

Menurut Oki, pelatihan sertifikasi ini diberikan sebagai upaya untuk mendukung salah satu poin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s), yaitu menjamin pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua.

Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan mutu dan kualitas guru di Indonesia sehingga bisa memberikan materi pelajaran yang unggul untuk penerus bangsa agar bisa bersaing dalam skala global.

Baca Juga: Startup Edutech Menggarap Berkah

President Commissioner Orbit Future Academy Ilham Akbar Habibi mengatakan setelah sukses dengan berbagai kurikulum peningkatan keterampilan di program-program sebelumnya, dan berkat kolaborasi bersama BNI, kini Orbit Future Academy kembali mendapatkan kepercayaan untuk membuktikan efektivitas program BNI Berbagi Sertifikasi Guru Merdeka.

"Dalam jangka panjang, program ini harus menjadi salah satu pilar penting pendukung Kurikulum Merdeka dan program Merdeka Mengajar Kemendibudristek, yang berkontribusi nyata bagi tercapainya visi Indonesia Emas 2045," paparnya.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nunuk Suryani menambahkan, kolaborasi ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengimplementasikan tujuan bersama dalam meningkatkan kompetensi guru di Indonesia.

Menurutnya, semua perangkat yang tersedia dalam kurikulum Merdeka ini dapat menambah pengetahuan dan literasi finansial untuk guru di Indonesia.

"Saya berharap, kolaborasi seperti ini akan terus berjalan agar semakin banyak guru yang merasakan manfaatnya," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru