Tipe Ponsel Ini Tak Lagi Bisa Menggunakan WhatsApp, Batasnya 2 Minggu Lagi

Senin, 10 Oktober 2022 | 05:21 WIB Sumber: Kompas.com
Tipe Ponsel Ini Tak Lagi Bisa Menggunakan WhatsApp, Batasnya 2 Minggu Lagi

ILUSTRASI. Sejumlah tipe ponsel dalam waktu dekat tak bisa lagi menggunakan WhatsApp karena sistem tidak mendukung. Photographie de Leo PIERRE / Hans Lucas


WHATSAPP - JAKARTA. Saat ini, aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat. Tak berlebihan jika dikatakan bahwa aplikasi perpesanan WhatsApp sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi beberapa orang. 
Aplikasi ini kerap digunakan untuk saling bertukar pesan urusan pribadi, bisnis, hingga pekerjaan. WhatsApp merupakan tempat sapa virtual atau diskusi yang mudah dijangkau. 

Sayangnya, sejumlah tipe ponsel dalam waktu dekat tak bisa lagi menggunakan WhatsApp karena sistem tidak mendukung. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Meta, pemilik WhatsApp. Meta bilang bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk perangkat iPhone apa pun yang tidak dapat menjalankan iOS 12 atau lebih tinggi. 

Pengguna iOS 11 dan yang lebih lama memiliki waktu hingga 24 Oktober 2022 untuk meningkatkan operating system (OS) mereka, dikutip dari Tech. Namun, belum jelas berapa banyak dari pengguna yang akan terpengaruh oleh berita ini. 

Tipe utama yang akan terpengaruh adalah iPhone 5 dan 5c yang dapat menjalankan iOS 11 tetapi tidak dapat menjalankan iOS 12 atau sistem operasi berikutnya yang dirilis oleh Apple. Dua OS tersebut pertama kali diluncurkan masing-masing pada 2016 dan 2017. Pengguna iPhone 4 dan 4s akan menghadapi masalah serupa karena alasan yang sama. 

Baca Juga: Download WhatsApp Terbaru 2022, Beserta Cara dan Link Resmi untuk Android dan iOS

Nasib pengguna Android 

Nasib yang sama akan dialami oleh pengguna dengan perangkat Android yang menjalankan OS Android apa pun sebelum OS 4.1 atau umumnya dikenal sebagai JellyBean. 

"Perangkat ini juga mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terbaru, tulis WhatsApp dalam laman resminya," tulis WhatsApp dalam laman resminya. "Atau mungkin tidak memiliki fungsionalitas yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp," sambungnya.

Aplikasi yang menghentikan dukungan untuk model OS yang sudah ketinggalan zaman adalah praktik yang cukup umum. 

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Last Seen WhatsApp di Android, iPhone, dan Laptop

Perusahaan yang memproduksi perangkat lunak secara teratur membuat keputusan sulit mengenai kapan harus berhenti meluncurkan pembaruan untuk iterasi sistem operasi yang lebih lama. Bahkan untuk perusahaan seukuran Meta, tidak masuk akal apabila terus memperbarui aplikasi untuk model iOS yang semakin sedikit digunakan orang. 

Seperti diketahi, iPhone baru-baru ini merilis iPhone 14 series. Ada empat model iPhone 14 yang dirilis. Tiga di antaranya adalah model dengan penamaan lama, yakni iPhone 14 versi "reguler", iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Minggu Lagi, WhatsApp Tak Lagi Bisa Digunakan di Beberapa Tipe Ponsel Ini"
Penulis : Ahmad Naufal Dzulfaroh
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru