Tips Agar Terhindar dari Kecelakaan Menabrak Truk dari Belakang di Jalan Tol

Rabu, 18 Januari 2023 | 16:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Tips Agar Terhindar dari Kecelakaan Menabrak Truk dari Belakang di Jalan Tol


TIPS & TRIK - Kecelakaan antara mobil pribadi yang menabrak bagian belakang truk di jalan tol, menjadi perhatian pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan.

Ada beberapa faktor penyebabnya, antara lain lambatnya laju truk, bagian belakang truk yang tak terlihat, dan lainnya.

Nah, agar Anda terhindar dari kecelakaan seperti ini, Anda dapat mempelajari tips ringan dari Auto2000.

Baca Juga: 5 Tips Bagi Pengendara Mobil Hadapi Kondisi Darurat di Jalan

Tips agar terhindar dari kecelakaan menabrak truk dari belakang di jalan tol 

Dirangkum dari keterangan resmi Auto2000, berikut ini adalah tips agar terhindar dari kecelakaan menabrak truk dari belakang di jalan tol: 

1. Pahami kekurangan truk

Sebelumnya, Anda wajib memahami kekurangan truk perihal dimensi dan bobotnya yang besar. 

Truk bergerak lambat sehingga membutuhkan waktu untuk akselerasi dan pengereman, termasuk membutuhkan ruang yang luas saat manuver dan memiliki blind spot yang luas.

Baca Juga: Ini 7 Kandidat Calon Penerima Penghargaan Kiper Terbaik di The Best FIFA 2023

2. Hindari mengemudi agresif

Jalan tol yang lengang dapat mendorong Anda untuk mengemudi secara agresif. Misalnya, pindah lajur tiba-tiba karena tidak sabar menunggu mobil di depan kembali ke lajur kiri.

Masalahnya, di sebelah kiri sering terdapat truk yang melaju perlahan. Dengan perbedaan kecepatan yang tinggi, tanpa disadari mobil tiba-tiba sudah dekat dengan bak truk.

Risikonya sangat besar jika Anda gagal mengantisipasinya.

Baca Juga: Antisipasi Cuaca Buruk, Kemenhub Siapkan Mitigasi Transportasi Laut

3. Waspada pergerakan truk di depan

Tingkatkan kewaspadaan jika di depan ada beberapa truk melaju di lajur kiri. Gunanya untuk mengantisipasi jika ada salah satu truk tiba-tiba pindah ke lajur kanan untuk menyalip truk lain di depannya. 

Jangan ragu untuk memberikan isyarat lampu dim ketika terlihat ada yang ingin bergerak ke kanan. Segera kurangi kecepatan jika truk tersebut tetap memaksa pindah lajur.

4. Patuhi batas kecepatan di jalan

Jalan tol antar kota memiliki batas kecepatan minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. Di beberapa lokasi, seperti daerah rawan kecelakaan atau jalan pegunungan, kecepatan maksimal turun menjadi 80 km/jam. 

Mobil yang terlalu cepat akan sulit dikendalikan. Tentu sangat berbahaya kalau di depan ada truk. Terlalu lambat, maka risikonya adalah menghambat laju mobil lain atau ditabrak dari belakang.

Baca Juga: Ada 14.641 Sarana Kesehatan di Jalur Mudik Nataru

5. Jaga jarak aman dengan truk

Dengan menjaga jarak aman, Anda mampu melihat potensi masalah dari truk di depan dan melakukan manuver menghindar saat dibutuhkan. 

Seperti ketika ada truk yang tidak kuat menanjak. Termasuk memiliki ruang yang cukup untuk melakukan pengereman jika diharuskan mengurangi kecepatan.

6. Jangan mengalihkan perhatian dari jalan

Beberapa waktu lalu ada kecelakaan akibat sopir mengambil ponsel yang jatuh ke lantai. Meskipun hanya sepersekian detik, perhatian yang terdistraksi cukup untuk membuat Anda tidak waspada pada kondisi jalan. 

Lupakan ponsel dan update media sosial supaya tidak mengalihkan perhatian dari jalan.

Baca Juga: Mau Tahu Tol Cikampek Macet atau Tidak Hari Ini? Begini Cara Cek di Aplikasi Travoy

7. Bahu jalan hanya untuk darurat

Kerap ada truk yang berhenti di bahu jalan tapi tidak dilengkapi penanda seperti segitiga pengaman. Dengan kecepatan mobil yang tinggi dan truk berhenti mendadak, dampak tabrakan yang terjadi bisa sangat mengerikan. 

Selain itu, aturan lalu lintas memang melarang berkendara di bahu jalan dengan alasan apapun.

8. Hati-hati truk tanpa lampu belakang dan stiker pemantul cahaya

Sama dengan jenis kendaraan lain, truk wajib memiliki lampu belakang yang berfungsi normal. Sayangnya, masih dapat ditemui truk yang lampu belakangnya mati atau redup, ditambah lagi kurangnya penggunaan Stiker Pemantul Cahaya. 

Maka dari itu sebaiknya jaga kecepatan saat menyalip, apalagi yang nekat mengambil jalur kiri atau bahu jalan, d mana jadi jalurnya truk melaju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru