Tips ampuh membersihkan make up menurut ahli kosmetik

Minggu, 25 Juli 2021 | 13:15 WIB   Reporter: Ana Risma
Tips ampuh membersihkan make up menurut ahli kosmetik

KONTAN.CO.ID - Membersihkan makeup setelah seharian beraktivitas menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Karena, makeup yang tidak dibersihkan apalagi sampai terbawa tidur akan mudah mendatangkan jerawat di wajah.

Agar wajah bersih maksimal dari sisa makeup yang masih menempel, maka Moms tidak bisa hanya mengandalkan air. Pasalnya, kandungan pada makeup ada yang bersifat waterproof sehingga akan sulit dibersihkan.

Oleh sebab itu, penting bagi Moms untuk mengetahui langkah-langkah membersihkan makeup yang baik dan benar agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga.

Baca Juga: Tips merawat perkakas mebel kayu supaya awet

Melansir Allure, Laura Mercier selaku ahli kosmetik sekaligus pemilik brand kosmetik Laura Mercier Cosmetics dan Maria Verel selaku MUA pernah membagikan tips membersihkan makeup yang efektif sebagai berikut:

Bersihkan Makeup dengan Produk Pembersih Wajah

Hal pertama yang harus Moms lakukan untuk membersihkan makeup tentu saja menggunakan produk pembersih wajah. Moms bisa menggunakan produk-produk makeup remover seperti micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil.

Usapkan produk tersebut ke wajah, pijat-pijat, dan diamkan selama 15 detik. Jangan lupa untuk meratakan produk pembersih ke seluruh wajah, garis rambut sekitar wajah, bawah dagu, dan sekitar telinga. Setelah itu, bersihkan wajah dengan waslap katun berwarna putih agar sisa makeup yang terangkat bisa terlihat jelas.

Bersihkan Secara Lembut

Ketika membersihkan wajah, pastikan Moms melakukannya dengan lembut. Jangan menggosok-gosok wajah secara kasar. Membersihkan wajah dengan gosokan kasar berpotensi membuat wajah mengalami iritasi.

Selain itu, penting juga untuk menggunakan produk pembersih wajah yang tidak membuat wajah kekeringan atau tertarik. Untuk mengusapnya, gunakanlah kapas yang lembut dengan gerakan satu arah.

Baca Juga: Ini 5 rekomendasi shampo organik, bisa jadi solusi masalah rambut

Lakukan Steam Wajah

Mendiamkan wajah Moms di atas uap air panas sebelum mencuci wajah berguna untuk membuka pori-pori dan memudahkan proses pembersihan makeup hingga ke bagian kulit yang lebih dalam.

Moms dapat melakukan cara ini sesekali ketika Moms memiliki waktu luang. Moms bisa menuangkan air panas ke dalam mangkuk lalu arahkan dan diamkan wajah ke hadapan air panas selama 1-2 menit. Supaya lebih rileks, Moms juga dapat menuangkan setetes essential oil ke dalamnya.

Beri Perhatian Ekstra pada Mata

Seperti yang kita tahu, eye makeup terutama maskara dan eyeliner merupakan bagian yang paling sulit dihilangkan. Maka dari itu, diperlukan upaya ekstra untuk membersihkannya. Karena mata termasuk area yang sensitif, maka jangan pernah menggosoknya dengan keras.

Tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan makeup mata yaitu dengan menggunakan kapas dan produk pembersih berbasis minyak atau bisa juga dengan produk eye remover. Moms dapat merendam terlebih dahulu kapas ke dalam produk pembersih kemudian tempelkan dan diamkan kapas di kelopak mata serta bulu mata selama sekitar 10 detik agar makeup dapat larut bersama produk. Setelah itu, barulah Moms usap-usapkan kapas secara perlahan ke seluruh area mata hingga makeup hilang sempurna.

Singkirkan Sisa Makeup dan Eye Remover pada Mata

Setelah menggunakan makeup dan produk pembersih berbasis minyak, maka jangan sampai Moms lupa untuk memastikan bahwa tidak ada lagi sisa makeup dan produk eye remover yang tertinggal di mata.

Baca Juga: Inilah Jenis Foundation yang Sesuai untuk Masing-Masing Tipe Kulit

Untuk mengeceknya, Moms dapat menempelkan kapas kering yang masih bersih ke area mata. Hal ini dilakukan untuk mencegah mata dari residu maskara dan eyeliner yang dapat membuat area sekitar mata menghitam.

Bersihkan Lipstick dengan Cleansing Oil

Jika Moms suka menggunakan produk lipstick yang tahan lama dan pigmentasinya tinggi, maka lebih baik bagi Moms untuk membersihkannya dengan produk pembersih berbasis minyak.

Menggunakan kapas dan cleansing oil jauh lebih efektif untuk menghapus sisa lipstick yang sulit dihilangkan.

Jangan Menggunakan Tisu Basah Bayi

Seringkali dijumpai para wanita yang menggunakan tisu basah bayi untuk membersihkan makeup-nya. Kenyataanya, menggunakan tisu basah bayi untuk membersihkan makeup adalah solusi yang tidak tepat. Pasalnya, kulit bayi tidak dipoleskan makeup sehingga tidak masalah jika dibersihkan dengan tisu tersebut.

Sedangkan makeup tidak akan benar-benar bersih jika dihapus dengan tisu basah bayi.

Itulah berbagai tips membersihkan makeup yang aman dan ampuh untuk mengangkat sisa-sisa makeup di wajah. Jangan lupa gunakan skincare juga setelah wajah bebas dari makeup ya, Moms!

Selanjutnya: Mengenal Alat Kecantikan Bernama Jade Roller

Editor: Ana Risma
Terbaru