Tips Buat Pelajar yang Ingin Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Asal Ikut Pilihan Teman

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:02 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips Buat Pelajar yang Ingin Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Asal Ikut Pilihan Teman

ILUSTRASI. Tips buat pelajar yang ingin memilih jurusan kuliah, jangan asal ikut pilihan teman. ANTARA FOTO/Maulana Surya/aww.


PERGURUAN TINGGI - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah memberikan informasi jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2022. Meskipun masih cukup lama, siswa perlu cermat saat memilih jurusan dan tidak asal mengikuti teman.

Banyak siswa yang merasa kebingungan saat akan memilih jurusan kuliah setelah lulus dari SMA. Tidak sedikit pelajar yang kemudian asal memilih seperti ikut-ikutan teman, asal bisa diterima di universitas, atau pilihan orangtua. 

Karena tidak memilih berdasarkan kemauan dan kemampuan diri, banyak mahasiswa yang merasa salah pilih jurusan dan putus di tengah jalan. 

Agar tidak salah pilih dan sesuai dengan potensi, ada beberapa cara untuk mengetahui jurusan mana yang pas dengan Anda. 

Salah satunya adalah dengan mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan pelajar. Selain tes psikologi, berikut ini beberapa tips untuk memilih jurusan kuliah yang dirangkum dari situs BPK Penabur, bpkpenabur.or.id:

Baca Juga: Waspada Covid-19 Varian Omicron, Tingkatkan Imun Tubuh dengan Minum 5 Resep Jamu Ini

  • Kenali kegemaran Anda

Saat memilih jurusan kuliah perhatikan passion atau kegemaran Anda. Dengan mengetahui apa yang disukai, Anda bisa lebih mudah memilih jurusan apa yang akan diambil saat akan melanjutkan kuliah. 

Jika Anda senang dengan hal-hal yang berhubungan dengan ilmu alam atau hitungan, jurusan Kedokteran, Teknik, hingga Biologi dan Pertanian bisa menjadi pilihan. 

Sebaliknya, jika passion Anda condong ke bidang yang berhubungan dengan sosial dan hafalan, jurusan sosial seperti Hukum, Komunikasi, hingga Sastra bisa Anda pilih. 

  • Motivasi diri

Selain passion, cobalah renungkan apa yang Anda cita-citakan dan harapkan di masa depan saat akan memilih jurusan. 

Motivasi ini bisa mendorong Anda untuk terus bersemangat dan tidak mudah menyerah saat menjalani perkuliahan. Terlebih jika Anda ingin mengikuti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2022.

Jika sudah lulus jalur ini, Anda tidak boleh lagi mengikuti jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), 

  • Potensi diri

Masing-masing orang pasti memiliki potensinya sendiri. Potensi ini bisa menjadi salah satu pertimbangan saat memilih jurusan kuliah.

Penting bagi pelajar untuk menggali potensi diri agar tahu keunggulan yang mereka miliki. Cara untuk tahu potensi diri sendiri cukup beragam, misalnya dengan bertanya dengan orang terdekat hingga menekuni hobi. 

Baca Juga: Daftar Kata Irregular Verb Bahasa Inggris yang Sering Digunakan Beserta Artinya

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru