Kuliner

Tips cara membuat daging sapi menjadi empuk dengan baking soda

Selasa, 20 Juli 2021 | 08:30 WIB Sumber: Kompas.com
Tips cara membuat daging sapi menjadi empuk dengan baking soda

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Hari ini, umat Islam sedunia merayakan Hari Raya Idul Adha 2021. Hari ini, umat Islam akan mendapatkan pembagian daging kurban. Simak tips membuat daging kurban menjadi lebih empuk, sehingga bisa diolah dan disajikan jadi menu yang lezat.

Menu masakan berbahan dagaing jelas menggugah selera. Namun, jika daging terasa alot atau tidak empuk, masakan pun tidak bisa dinikmati.

Ada beberapa cara untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk. Ada cara tradisional untuk membuat daging sapi lebih empuk, yakni menggunakan daun pepaya.

Ada juga cara moderen untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk, yakni menggunakan baking soda. Bagaimana cara membuat daging sapi menjadi lebih empuk menggunakan baking soda?

Mengutip Live Strong, baking soda berfungsi untuk menetralkan asam dan meningkatkan pH pada permukaan daging sapi. Jika bagian luar daging sapi sudah lebih basa, daging sapi bisa empuk dan tidak menyusut atau keras.

Executive Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa I Made Wisnu Adiyatma mengatakan bahwa penggunaan baking soda pada daging sapi bertujuan untuk memecah serat daging. Banyaknya jumlah baking soda yang bisa digunakan untuk membuat empuk, tergantung pada tekstur daging sapi yang akan dimasak.

"Pada dasarnya di dalam daging, khususnya daging sapi, sudah lapisan lemak dalam daging yang menentukan kelembutan si daging itu sendiri atau disebut juga marbling," tutur Wisnu kepada Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Dukung PPKM Darurat, Jenius sediakan fitur kurban digital

Wisnu menyebutkan ketika daging yang digunakan teksturnya sudah alot di awal, jumlah baking soda yang digunakan sudah pasti lebih banyak. Sebaliknya, pada daging sapi yang tidak begitu alot, jumlah penggunaan baking soda lebih sedikit.

Wisnu mengatakan, rata-rata penggunaan baking soda untuk membuat empuk satu kilogram daging sapi tidak lebih dari 15 gram. Cara menggunakan baking soda untuk membuat daging sapi menjadi empuk bisa dilakukan dengan dua cara.

Cara pertama menggunakan baking soda untuk membuat daging sapi menjadi empuk adalah baking soda bisa langsung dibaluri ke bagian luar daging sapi yang sudah dibersihkan dan didiamkan selama 30 menit.

Cara kedua menggunakan baking soda untuk membuat daging sapi menjadi empuk adalah baking soda dilarutkan terlebih dahulu dalam air. Kemudian, masukan daging sapi dan rendam selama beberapa saat. Jika daging sapi sudah selesai dibaluri atau direndam baking soda, kamu bisa melanjutkan pengolahan daging sapi sesuai kebutuhan.

Itulah cara mudah membuat daging sapi menjadi lebih empuk. Jadi, dengan cara ini sudah tidak ada lagi daging sapi alot untuk dinikmati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Daging Sapi Empuk dengan Cepat, Pakai Baking Soda ",


Penulis : Krisda Tiofani
Editor : Silvita Agmasari

Selanjutnya: Aman Merayakan Hari Raya Kurban dengan Tetap Patuhi Prokes

 

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru