Tips Feng Shui untuk Ruangan Dapur, Ciptakan Nuansa Berbeda di Tahun 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:31 WIB   Penulis: Arif Budianto
Tips Feng Shui untuk Ruangan Dapur, Ciptakan Nuansa Berbeda di Tahun 2022

ILUSTRASI. Tips Feng Shui untuk Ruangan Dapur, Ciptakan Nuansa Berbeda di Tahun 2022


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Inilah tips Feng Shui untuk ruangan dapur, ciptakan nuansa yang berbeda di tahun 2022. Kira-kira apa yang harus kita lakukan untuk menciptakan dapur dengan nuansa berbeda menurut Feng Shui? Yuk lanjutkan scroll untuk mengetahui tips selengkapnya.

Dapur adalah salah satu ruangan di dalam rumah yang berfungsi sebagai tempat memasak makanan. Dapur juga dapat dikatakan sebagai jantung dari sebuah rumah, sebab segala sesuatu yang berhubungan dengan pasokan makanan untuk orang dirumah berasal dari tempat tersebut.

Daftar Isi

Oleh karena itu, penting untuk menata dapur Anda sesuai dengan prinsip Feng Shui demi memastikan energi yang baik di rumah.

Melansir Review24, Feng Shui sendiri adalah sistem estetika Tiongkok berdasarkan aliran energi, atau chi positif, dalam suatu lingkungan yang bertujuan untuk mengatur ruangan sedemikian rupa demi menghadirkan energi yang baik di rumah.

Saat merencanakan desain dapur berdasarkan Feng Shui di rumah Anda, perlu diingat bahwa penyumbatan energi di dapur berdampak langsung pada penghuni rumah.

Pada dasarnya, Feng Shui memiliki lima elemen, dan dapur diwakili oleh elemen api karena terdapat kompor di ruangan tersebut. Ketika kompor ditempatkaan di lokasi yang ideal, dapur dapat mencipatkan pasokan chi positif yang melimpah.

Menurut peta energi Bagua, lokasi Feng Shui dapur yang ideal harus memungkinkan banyak cahaya alami dan udara segar mengalir ke dalamnya, karena ini dapat meningkatkan kualitas makanan yang Anda persiapkan untuk penghuni rumah.

Dalam Feng Shui, kompor dan wastafel di dapur tidak boleh bersebahan. Hal tersebut dikarenakan kompor mewakili elemen api dan melambangkan bahaya dan kehancuran, sedangkan wastafel mewakili elemen air yang dikaitkan dengan kekayaan dan kelimpahan.

Ketika kedua elemen ini ditempatkan terlalu dekat, itu dapat melambangkan kekayaan yang dihancurkan, serta menyebabkan pertengkaran dalam rumah tangga, karena api dan air tidak akur.

Bila Anda mungkin telah memahami beberapa prinsip dasar Feng Shui tentang ruangan dapur, mungkin tertarik untuk mengubah ruangan tersebut untuk mendapatkan nuansa baru di tahun 2022?

Masih dari sumber yang sama, ada beberapa tips Feng Shui lainnya yang dapat mengusir energi negatif sekaligus menciptakan nuansa yang berbeda di ruangan tersebut. Berikut tips untuk menciptakan nuansa dapur yang berbeda di tahun 2022 menurut Feng Shui.

Baca Juga: Inilah Manfaat Mendekorasi Rumah Menurut Feng Shui, Termasuk Hilangkan Nasib Buruk

Wastafel dapur

1. Sembunyikan tempat sampah

Salah satu aturan Feng Shui dapur lainnya adalah menyembunyikan tempat sampah karena sampah mewakili semua aspek negatif dalam hidup dan itu perlu disingkirkan.

Saat tidak terlihat, sampah juga akan hilang dari pikiran, menciptakan lebih banyak energi positif di ruangan dapur tersebut.

Meskipun demikian, Anda juga harus memiliki ruangan khusus untuk membersihkan persediaan di dapur Anda untuk menghindari ketidakseimbangan energi di dalam ruangan.

Baca Juga: Cara Menempatkan Tempat Tidur Menurut Feng Shui, Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

2. Simpan pisau di tempat yang tidak terlihat

Karena sering dikaitkan dengan kekerasan dan serangan, disarnkan menyimpan pisau di tempat yang tidak terlihat di area dapur. Ini dapat menciptakan suasana yang lebih damai dan harmonis di dalam ruangan tersebut.

3. Tambahkan lampu malam

Tisp dekorasi dapur Feng Shui lainnya adalah menambahkan lampu malam ke dapur Anda, ini sebagai cara untuk mempromosikan chi positif di ruangan tersebut.

Saat gelap, lampu ini akan memberikan rasa aman, menghilangkan ketidakseimbangan energi di dalam ruangan, serta mungkin meningkatkan produktivitas dan kreativitas saat berada di dapur.

4. Tambahkan tanaman herbal

Salah satu cara terbaik untuk menghadirkan chi positif ke dapur Anda adalah dengan menambahkan tanaman. Ini tidak hanya akan menambah sentuhan keindahan alam pada ruang, tetapi juga akan meningkatkan energinya.

Beberapa tanaman yang ideal untuk ruangan dapur menurut Feng Shui antara lain, mint, basil, dan lavender.

Dengan mengikuti beberapa tips dapur ini, Anda dapat menciptakan ruangan yang lebih damai, produktif dan sejahtera. Dengan sedikit usaha, Anda dapat mengubah dapur Anda menjadi surga chi yang positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru