Tips Jitu Terhindar dari Penipuan Berkedok Undangan Pernikahan File APK

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:49 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips Jitu Terhindar dari Penipuan Berkedok Undangan Pernikahan File APK

ILUSTRASI. Tips Jitu Terhindar dari Penipuan Berkedok Undangan Pernikahan File APK.


TIPS & TRIK -  Bentuk penipuan semakin beragam membuat masyarakat harus ekstra hati-hati dengan segala modus baru penipuan, salah satunya penipuan dengan kedok undangan pernikahan digital. 

Beberapa hari ini media sosial dihebohkan dengan maraknya penipuan menggunakan APK yang dikirimkan dalam bentuk dokumen undangan pernikahan palsu. 

APK tersebut diprogram agar dapat mengakses rekening bank yang terhubung pada aplikasi mobile banking, sehingga masyarakat butuh kehati-hatian agar tidak menjadi korban.

Baca Juga: Segudang Khasiat dari Rebusan Daun Salam, Bisa Turunkan Asam Urat dan Gula Darah!

Lukman Hakim ahli IT universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan masyarakat sebagai langkah upaya pencegahan penipuan.

Tips terhindari dari penipuan dengan APK

Menurut Lukman, file palsu seperti yang beredar akan bekerja ketika seorang mengijinkan akses yang diminta.

“Masyarakat penting untuk mengamati, agar cermat saat ada permintaan izin dan aplikasi atau file yang akan di instal,”kata Lukman Senin (30/1/23)

Dampaknya, ketika sudah berhasil masuk dan diijinkan, APK akan bekerja untuk mengambil seluruh data yang diinginkan, hal terburuknya adalah saldo uang dan rekening bisa terkuras habis.

Menurut Lukman, ada lima tips yang bisa digunakan untuk mencegah terjerat penipuan dengan modus file APK ini, diantaranya: 

1. Tidak asal mengklik tautan. Hal ini untuk menghindari dari jenis link yang mengelabui (fake link). Lukman menegaskan undangan asli selalu berbentuk tautan atau link, dan bukan aplikasi atau APK.

“Hal ini bisa dilihat dari format saat pesan diterima. Format file APK bisa menjadi salah satu indikasi yang mudah dikenali sebagai tanda undangan palsu,”imbuhnya lagi.

2. Cek keaslian nomor telepon/SMS/WhatsApp dengan menghubungi ke call center resmi perusahaan. Di zaman yang serba mudah masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi get contact untuk mengecek nomor.

3. Memastikan seseorang hanya mengunduh aplikasi resmi dari sumber resmi seperti App Store dan Play Store.

Baca Juga: Demokrasi-Demokrasi yang Pernah Berlaku di Indonesia dan Tahun Berlakunya Demokrasi

4. Melihat jenis file yang dikirim, baik itu file jenis .txt, .APK . Apabila dirasa aneh dan janggal perlu diwaspadai dan diberikan perhatian khusus.

“Langkah ini efektif untuk menghindari phising pada perangkat maupun device yang kita gunakan,”imbuhnya lagi.

5. Berkonsultasi ke bidang ahli IT. Saran ini penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru