Tips Membeli Tiket KAI Murah, Untung Banyak

Senin, 22 April 2024 | 10:10 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Tips Membeli Tiket KAI Murah, Untung Banyak

ILUSTRASI. Dok. Freepik


TIKET KERETA API - Kereta api Indonesia atau KAI menjadi transportasi pilihan banyak orang karena nyaman dan tingkat ketepatan waktu sampai di tujuan yang cukup tinggi. Apalagi banyak cara untuk bisa mendapatkan tiket KAI murah sehingga biaya yang harus dikeluarkan semakin hemat.

Fasilitas yang disediakan oleh PT KAI juga turut menambah kenyamanan bagi pengguna transportasi ini. Belum lagi pilihan rute yang cukup banyak sehingga memudahkan Anda untuk pergi ke berbagai tujuan.

Cara Mendapatkan Tiket KAI Murah

PT KAI sendiri untuk beberapa tujuan menyediakan jenis kereta yang berbeda, seperti kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Meski biasanya harga tiket untuk kelas eksekutif lebih mahal, namun Anda bisa berkesempatan untuk mendapatkannya dengan lebih murah.

Harga tiket KAI seperti jenis transportasi lain, mengalami perubahan pada waktu tertentu. Saat libur sekolah, menjelang lebaran, dan momen akhir tahun tiket KAI memiliki harga yang lebih mahal dari biasanya. Agar bisa membeli tiket kereta api dengan lebih terjangkau, bisa mengikuti tips berikut ini:

1.    Pesan dari Jauh Hari

PT KAI menjual tiket kereta api jauh hari sebelum keberangkatan. Pada awal penjualan biasanya terdapat beberapa kursi yang dijual dengan harga lebih murah. Anda bisa mendapatkannya agar bisa menghemat biaya transportasi. Namun karena tiket tersebut terbatas, maka Anda harus berebut dengan calon pembeli lain.

2.    Manfaatkan Promo

Kereta api merupakan salah satu transportasi yang sering memberikan promo, seperti saat kemerdekaan atau peringatan hari besar lainnya. Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan perjalanan agar bisa mendapatkan tiket yang jauh lebih murah.

Besar potongan yang bisa Anda terima pun beragam, mulai dari 5% hingga 30% tergantung promo yang berlangsung. Namun kadang PT KAI memberlakukan ketentuan khusus, seperti masing-masing pembeli hanya bisa mendapatkan beberapa tiket dengan harga promo dan selebihnya harus membayar dengan harga normal.

3.    Pilih Kelas Ekonomi

Tiket untuk kelas ekonomi bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bepergian menggunakan kereta dengan biaya terjangkau. Untuk rangkaian kereta api ekonomi maupun kelas eksekutif, waktu sampai tidak jauh berbeda. Jika kedua jenis kereta merupakan satu rangkaian, tentu waktu sampai tujuan akan sama.

Pembeda kedua jenis kereta ini adalah fasilitas di dalamnya. Namun saat ini kereta ekonomi juga jauh lebih nyaman dibanding sebelumnya. Di dalam rangkaian kereta terdapat AC, restorasi, dan beberapa fasilitas lain yang sama dengan kelas eksekutif.

4.    Pilih Waktu Keberangkatan yang Fleksibel

Harga tiket kereta api untuk beberapa waktu mengalami turun naik yang sangat signifikan. Jika Anda akan bepergian yang tidak terikat waktu atau tidak harus pergi pada tanggal tertentu, bisa menghemat pengeluaran dengan menyesuaikan keberangkatan saat harga tiket turun.

Untuk mengetahui kapan harga tiket kereta api dijual dengan harga lebih rendah, Anda bisa mengecek secara berkala di situs penjualannya. Cara ini terbukti efektif untuk bisa bepergian dengan budget transportasi yang minim namun tetap nyaman.

5.    Rute Alternatif

Saat ini rangkaian kereta api yang melayani berbagai rute terus bertambah. Ini bisa membantu Anda untuk berhemat. Salah satu caranya dengan membeli tiket untuk rute alternatif, bisa juga dengan tiket connecting.

Anda juga bisa mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih banyak dengan membeli tiket connecting karena harus transit terlebih dulu. Namun, sebelum memutuskan untuk lewat rute tersebut, pastikan bahwa jadwal kereta berikutnya tidak terlalu lama dari kedatangan sehingga tidak membuang banyak waktu untuk menunggu.

6.    Beli di Tempat Terpercaya

Terakhir, untuk bisa mendapatkan tiket KAI yang murah adalah dengan membeli di agen penjualan yang tepat. Saat ini banyak agen yang menjual tiket kereta secara resmi dengan harga yang terjangkau, salah satunya adalah Traveloka.

Melakukan perjalanan dengan membeli tiket kereta di Traveloka bisa memudahkan Anda karena tidak perlu repot untuk booking dan menyelesaikan transaksi. Bahkan Anda bisa mendapatkan harga tiket termurah karena Traveloka akan memberikan saran harga untuk beberapa jadwal keberangkatan.

Semoga tips-tips pada artikel ini bisa membantu Anda dalam berburu tiket kereta api untuk bepergian kemanapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru