Belanja

Tips menyimpan bahan makan saat banjir melanda

Sabtu, 04 Januari 2020 | 10:45 WIB Sumber: Kompas.com
Tips menyimpan bahan makan saat banjir melanda

ILUSTRASI. bahan makanan saat banjir

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banjir yang melanda sebagian besar wilayah Jakarta dan kota-kota di sekitarnya membuat banyak akses terputus. Tak itu saja, banjir juga berdampak sulitnya masyarakat memperoleh bahan makanan. 

Bahan makanan yang terbatas, akses untuk memperoleh makanan siap saji yang kadang sulit, membuat sebagian masyarakat harus putar otak untuk mengolah bahan-bahan yang masih bisa mereka peroleh dan mudah pengolahannya. 

Baca Juga: Simak enam tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh di musim hujan

Berikut tips menyimpan bahan makanan agar awet dan mudah diolah dari Chef Yudi, penanggungjawab memasak makanan untuk para pengungsi banjir Jakarta di posko pengungsian GOR Kecamatan Cengkareng. 

1. Dibekukan 
Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika rumah anda masih dialiri listrik adalah memanfaatkan fungsi lemari pendingin. Menurut Chef Yudi, baik sayuran atau daging bisa kamu bekukan di dalam lemari es untuk memperpanjang masa awet bahan tersebut. 

"Sayuran bisa direbus dulu, setengah matang saja. Jika sudah, pastikan kering dulu, lalu masukkan ke plastik. Bungkus rapat, lalu divakum," kata Chef Yudi kepada Kompas.com, Jumat (3/1). 

"Atau pastikan jangan ada udara di dalam plastik. Terus masukkan ke freezer dan biarkan beku saja," lanjutnya. Hal yang sama juga berlaku pada protein, misalnya, daging sapi atau ayam. 
Bedanya, daging harus direbus hingga matang. Jika sudah matang, keringkan dengan tisu atau lap dan masukkan ke dalam plastik. Pastikan tidak ada udara yang tersisa di dalam plastik agar bahan makanan tetap dalam kondisi baik. 

Baca Juga: Ponsel tercebur saat banjir, ini tips langkah menyelamatkannya

Pelapisan menggunakan plastik ini untuk mencegah air masuk ke dalam makanan. Pastikan juga ikatan plastik kuat sehingga tidak ada es yang bisa masuk. 

"Kalau mau dimasak tinggal dicairkan lagi saja. Itu bisa awet sangat lama. Daging tinggal lanjut dimasak pakai bumbu sederhana, misalnya di semur atau lada hitam kan sederhana," ujar Chef Yudi. "Kalau sayuran, direbus saja juga enak, yang penting gizinya," tambah dia. 

Editor: Anna Suci


Terbaru