Ponsel tercebur saat banjir, ini tips langkah menyelamatkannya

Jumat, 03 Januari 2020 | 09:05 WIB Sumber: Kompas.com
Ponsel tercebur saat banjir, ini tips langkah menyelamatkannya

ILUSTRASI. Komponen ponsel yang akan dirakit di pabrik perakitan milik Asiafone di Jakarta, Rabu (14/1). Asiafone mengoperasikan 2 line produksi perakitan ponsel tipe AF50, AF9190 dan AF991 yang bisa menghasilkan 100 ribu unit ponsel setiap bulannya. Kapasitas produ


GADGET BARU - JAKARTA. Sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya terendam banjir sejak Rabu kemarin. Banjir dilaporkan masih menggenang sejumlah kawasan hingga Kamis (2/1). Banyak warga yang bergegas menyelamatkan harta bendanya dari terjangan air.

Termasuk barang-barang elektronik yang rentan mati apabila terendam, seperti smartphone yang digenggam setiap hari. Sebagian smartphone, terutama model high-end, sudah dibekali dengan kemampuan tahan air sesuai rating sertifikasi Ingress Protection (IP) masing-masing.

Namun, bagaimana jika ponsel tidak memiliki kapabilitas tersebut dan tercemplung atau terendam di air? Jangan pasrah dulu, masih ada langkah-langkah penyelamatan yang bisa dicoba.

Baca Juga: Asyik, beli Redmi 8 tak perlu tunggu flash sale lagi

Ikuti selengkapnya sebagai berikut.

1. Cepat keluarkan smartphone dari dalam air

Segera angkat ponsel dari rendaman air. Hal ini penting untuk mencegah air merembes ke komponen ponsel dalam waktu singkat. Jangan ditunda, sebab jika tidak segera diambil, peluang smartphone untuk selamat akan semakin tipis.

2. Matikan ponsel

Setelah smartphone keluar dari dalam air, segera matikan ponsel apabila masih menyala. Hal ini penting untuk mencegah hubungan pendek arus listrik. Jangan coba menyalakan ponsel lagi sebelum benar-benar kering sepenuhnya.

3. Jangan ambil smartphone yang terendam air dalam keadaan dicas dan masih terhubung ke colokan listrik Hal ini sangat berbahaya dan mengancam jiwa.

Apalagi jika masih ada aliran listrik di sekitar genangan air karena Anda bisa tersetrum. Apabila ingin mengambil ponsel yang sedang dicas dari dalam air, matikan listrik rumah terlebih dahulu. 

4. Keringkan ponsel dengan handuk atau kain

Segera keringkan ponsel dengan handuk atau kain setelah diangkat dari air. Cara ini cukup penting untuk menyelamatkan komponen di dalam ponsel, asalkan tidak ada aliran listrik dari baterai.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru