Truecaller luncurkan kampanye untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penipuan ponsel

Senin, 08 November 2021 | 22:10 WIB   Reporter: Dityasa H. Forddanta
Truecaller luncurkan kampanye untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penipuan ponsel


GADGET - JAKARTA. Truecaller, platform untuk verifikasi nomor telepon tak dikenal dan memblokir panggilan spam kembali menghadirkan rasa aman bagi pengguna ponsel dalam berkomunikasi dengan menginisiasi sebuah kampanye bertajuk #KnowYourCaller.

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan penipuan via telepon dan membantu mereka untuk merasakan pengalaman komunikasi yang aman dan efisien.

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dari kampanye ini, Truecaller  membuat seri video kampanye menarik yang diperuntukkan khusus untuk masyarakat Indonesia, bertajuk Wolf in Sheep's Clothing (Penipu Berbulu Domba) dan bekerjasama dengan para aktor dan artis ternama Indonesia, yakni Yayan Ruhian, Dinda Kanya Dewi, dan Billy Boedjanger.

Masing-masing dari mereka memerankan serigala penipu yang menyamar sebagai domba yang polos. Melalui  dukungan para aktor dan artis luar biasa ini, karakter yang diperankan pun menjadi lebih hidup.

Baca Juga: AnTuTu rilis 10 Ponsel Android terkencang Oktober 2021, simak daftarnya

"Indonesia merupakan pangsa pasar prioritas bagi Truecaller. Berdasarkan hasil penelitian kami, Indonesia menjadi salah satu negara dengan panggilan spam terbanyak di dunia. Untuk itu, kami menjalankan misi untuk menghadirkan komunikasi yang lebih aman bagi semua pengguna ponsel di Indonesia dengan meminimalisir panggilan spam dan penipuan yang hingga saat ini masih kerap terjadi di Indonesia. Truecaller dapat mengidentifikasi secara tepat antara panggilan yang terpercaya dengan panggilan yang bermaksud untuk mencelakai secara finansial, emosional, hingga fisik.” terang Hitesh Raj Bhagat, Global Head of Corporate Communications Truecaller dalam keterangan resmi, Senin (8/11).

Berbicara tentang kampanye terbaru, Anish Daryani, Pendiri dan Presiden Direktur, M&C Saatchi Indonesia, mengatakan, Truecaller merupakan brand yang dilandasi oleh  oleh tujuan yang kuat, berfokus  untuk menciptakan keamanan dalam berkomunikasi bagi seluruh masyarakat di dunia.

Ancaman dari panggilan spam ini sudah lazim terjadi di Indonesia, seiring dengan minimnya regulasi untuk mengendalikannya. Truecaller memainkan peran penting bagi kehidupan seluruh masyarakat dengan memberikan pilihan untuk tetap terlindung dari panggilan serta pesan spam dan penipuan.

Aktor sekaligus ahli  bela diri Indonesia Yayan Ruhian yang telah berperan di berbagai film box office terkenal seperti The Raid, The Raid 2 dan Star Wars: The Force Awakens mengatakan, Truecaller merupakan TVC ketiga yang dia perankan.

"Saya tertarik karena produk dan konsepnya sangat berbeda dari sebelumnya. Melihat storyboard yang dikirim beberapa hari sebelum syuting, terus terang membuat saya semakin tertarik karena merasa ini adalah tantangan. Dan dalam ukuran skala produksi, saya yakin akan dilakukan dengan sangat baik. Saya secara pribadi puas dengan hasilnya. Setelah dirilis, saya menerima banyak respon dan hampir semuanya positif, tidak hanya dari publik Indonesia tetapi juga dari luar,” jelas Yayan.

Menurut Laporan Truecaller Insights 2020, setiap orang Indonesia rata-rata menerima  panggilan spam sebanyak 18,3 panggilan  setiap bulannya. Laporan tersebut juga menyatakan bahwa Indonesia adalah negara  penerima panggilan spam tertinggi di kawasan Asia dan berada di peringkat ke-6 di dunia dengan jumlah panggilan spam terbanyak.

Berdasarkan data  Kepolisian Negara Republik Indonesia dari tahun  2019, total kerugian yang disebabkan oleh penipuan email pada tahun 2019 dilaporkan lebih dari Rp 144 miliar. Sementara itu, total kerugian penipuan melalui situs e-commerce mencapai lebih dari Rp 73 miliar.

Baca Juga: 13 Pilihan HP harga 3 jutaan terbaik 2021: POCO X3 Pro, OPPO A74 5G, Samsung A32

Truecaller memiliki kemampuan serta pengalaman dalam mengukur dan memenuhi permintaan pengguna, khususnya pada ranah digital. Di Amerika, transaksi penipuan online diperkirakan menghasilkan kerugian hingga US$ 30 miliar per tahun. Tahun lalu Truecaller berhasil memblokir dan mengidentifikasi 31,3 miliar panggilan spam dan 12,8 miliar SMS spam secara global.

"Misi Truecaller adalah membangun kepercayaan dalam komunikasi. Sebagai platform global terkemuka yang dapat memverifikasi kontak serta memblokir komunikasi yang tidak diinginkan, kami dengan bangga secara resmi meluncurkan kampanye perusahaan terbaru yakni #KnowYourCaller. Kami berharap masyarakat tidak hanya dapat merasakan manfaat dari kampanye ini, namun hal terpenting penting adalah kami berharap dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan  pentingnya keselamatan dalam komunikasi sehari-hari," tambah Hitesh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru