Turis asing lebih doyan pesan paket wisata via digital

Rabu, 12 Desember 2018 | 22:56 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Turis asing lebih doyan pesan paket wisata via digital

ILUSTRASI. Wisatawan asal Asia di Bali


WISATA - JAKARTA. Kementerian Pariwisata (Kempar) mencatat, banyak turis asing yang masuk ke Indonesia memakai layanan digital.  

Menurut Hiramsyah S Thaib, Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas, dari sektiar 70% kunjungan turis asing ke Indonesia ternyata menggunakan layanan digital. "Saat ini orang yang mau berwisata sudah jarang datang ke biro wisata, tapi cukup lewat smartphone melihat pekat wisata online, " katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (12/12).

Hasil tersebut tidak terlepas dari upaya Kempar yang sudah menjalin kerjasama dengan banyak pemain digital. Sebut saja Google, Baidu, Alibaba, Expedia, Grab, Traveloka, Tiket.com dan lainnya.

Hasil lain yang ia lihat adalah ternyata, banyak pelancong asing berasa dari generasi millenial. "Sekitar 50% yang datang dari generasi tersebut dan terkait erat dengan dunia digital dan teknologi," tambahnya.

Tampaknya, Kempar, menurut Hiramsyah, bakal mengoptimalkan teknologi digital untuk melakukan promosi wisata. Dan sekitar 50% sampai 70% program promosi Kempar saat ini adalah lewat mekanisme layanan digital.  
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru