Turnamen eSports Games Lokal Lokapala Jawara Nusantara Berhadiah Rp 100 juta Digelar

Selasa, 22 Maret 2022 | 11:22 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
Turnamen eSports Games Lokal Lokapala Jawara Nusantara Berhadiah Rp 100 juta Digelar

ILUSTRASI. Kolaborasi Telkomsel, INDICO dan Melon Indonesia hadirkan turnamen eSports games lokal ?Lokapala Jawara Nusantara?


PERMAINAN / GIM - JAKARTA. Melanjutkan komitmen untuk mendukung pemberdayaan industri games lokal, Telkomsel bersama INDICO dan Melon Indonesia menggelar   turnamen games “Lokapala Jawara Nusantara” yang akan berlangsung mulai 23 Maret hingga1 April 2022.

Lokapala Jawara Nusantara merupakan turnamen  eSports  yang dirancang   untuk mendukung pengembangan  games  lokal, sekaligus membangun semangat Nusantarais bertemakan Nusantara melalui game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) asal Indonesia, yakni Lokapala .

Turnamen ini akan mempertandingkan antara tim  pro players game Lokapala dengan ribuan gamers lokal di 43 kota untuk memperebutkan total hadiah mencapai Rp100 juta.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Game Development Potensial Menggerakkan Ekonomi

Lokapala sendiri merupakan game lokal bergenre multipemain yang bertarung dalam satu arena secara daring atau MOBA yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan Melon Indonesia sebagai publisher. Lokapala pernah dipertandingkan dalam PON XX Papua sebagai pertandingan persahabatan.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, melalui turnamen ini, Telkomsel terus berupaya mengoptimalkan peran sebagai  enabler  dengan semangat  #BukaSemuaPeluang  untuk mendukung perkembangan ekosistem industri games di Indonesia melalui  berbagai inisiatif yang  salah satunya diwujudkan dengan menghadirkan turnamen eSports  yang melibatkan   games  yang dikembangkan oleh  developer  lokal, seperti  Lokapala .

"Telkomsel berharap turnamen ini dapat mengoptimalkan potensi  Lokapala  sebagai  games  lokal yang menyajikan keseruan permainan mobile gaming, serta mendukung penguatan literasi budaya bangsa karena menonjolkan beragam unsur sejarah dan kebudayaan asal Indonesia melalui penamaan hingga visualisasi tempat dan berbagai karakter yang diadaptasi dari para ikon kerajaan di Nusantara," ujarnya dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (22/3).

CEO INDICO Andi Kristianto  menambahkan, pihaknya melihat adanya potensi untuk menjadikan kekuatan industri game lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Turnamen Lokapala Jawara Nusantara ini menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan mimpi itu.

"Kolaborasi seluruh pihak dalam turnamen ini akan semakin memperkuat misi bersama membuka peluang bagi kreator dan talenta lokal untuk berkontribusi dalam industri  game  nasional yang dalam skala makro akan memajukan ekonomi kreatif dan ekonomi digital Indonesia," tambahnya.

COO Anantarupa Studios Diana Paskarina  mengatakan, saat ini Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mempunyai  game eSports -nya sendiri, yaitu Lokapala.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru