Turun harga, banderol sepeda Brompton lebih murah dan terjangkau

Senin, 20 September 2021 | 07:33 WIB Sumber: Kompas.com
Turun harga, banderol sepeda Brompton lebih murah dan terjangkau


HARGA SEPEDA - Jakarta. Sekarang saat yang tepat untuk membeli sepeda Brompton dari Inggris. Harga sepeda Brompton saat ini lebih murah dibandingkan beberapa bulan lalu.

Harga sepeda Brompton saat ini telah turun. Penurunan harga sepeda Brompton ini menyusul tren koreksi harga sepeda berbagai merek.

Salah satu komunitas sepeda Brompton di Indonesia, Brompton Monas Cyclists, mengamati perkembangan harga sepeda Brompton. Brompton Monas Cyclists adalah salah satu club sepeda dengan ban 16 inchi, yang telah mengikuti berbagai event nasional maupun internasional.

Menurut Erwin Handoko dari Brompton Monas Cyclists, harga Brompton saat ini mendekati harga wajar Brompton sebelum pandemi. "Sebenarnya itu bukan turun. Tapi emang harga wajarnya segitu. Harga Brompton emang segitu harganya. Bahkan ini juga belum ke harga sebelum pandemi. Kurang dikit lagi lah," kata Erwin pada Kompas.com, Sabtu (18/9/2021).

Dia menjelaskan, harga sepeda Brompton sempat naik di awal pandemi karena distribusi terbatas, sehingga barang tersebut sudah didapatkan. Selain itu di awal pandemi orang-orang juga mulai sadar untuk berolahraga.

Menurut Erwin bersepeda bisa menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan. Tak heran, harga sepeda pada awal pandemi, termasuk Brompton naik.

Baca juga: Meski tren mulai menurun, Element Bike bidik penjualan Rp 450 miliar di tahun 2021

Penurunan harga sepeda Brompton hingga puluhan juta Rupiah

Erwin memberi gambaran, sebelum pandemi harga sepeda Brompton type 6 speed STD di kisaran Rp 28 juta. Lalu, ketika pandemi harga sepeda Brompton naik hingga 2 kali lipat.

Kini, harga sepeda Brompton turun di angka Rp 30 jutaan. "Ya, semua itu turun. Tadinya kan harga (sepeda Brompton) S6L itu sampai Rp 50-60 juta. Sekarang udah mulai ke angka Rp 30-31-an juta," ujar Erwin.

Anehnya, saat harga sepeda Brompton naik di awal pandemi, banyak orang tetap membelinya. Harga sepeda Brompton yang naik juga berimbas pada banderol sparepart yang naik.

Penyebab turunnya harga sepeda Brompton

Terkait turunnya harga saat ini, menurut Erwin penyebab turunnya harga sepeda Brompton adalah terkait ketersediaan barang atau mekanisme pasar. "Ya, menurut saya. Sekarang kan juga orang udah mulai WFO (Work from Office), waktu udah nggak seluang dulu dulu pas masih WFH (Work from Home). Lihat aja jalanan udah mulai macet. Jadi permintaan mulai turun," imbuh dia.

Kemudian, kata dia, karena permintaan mulai turun, maka harga sepeda Brompton pun juga turun. Meski begitu harga sepeda Brompton dari pabrik tetap sama, karena dia juga masih menjalin komunikasi dengan pabrik.

Walaupun harga sepeda Brompton saat ini turun, menurut Erwin masyarakat tidak perlu memborong atau membeli secara berlebihan. "Saran saya, belilah sesuai kebutuhan. Kalau lagi butuh beli, kalau nggak butuh ya jangan," pungkas Erwin.

Harga sepeda Brompton mulai turun, jadi ini kesempatan terbaik untuk memiliki sepeda asal Inggris tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sepeda Brompton Dulu sampai Puluhan Juta, Kini Dihargai Segini..",


Penulis : Nur Fitriatus Shalihah
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Selanjutnya: Harga sepeda Brompton turun, jadi berapa?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru