Tokoh

Tutup usia, ini profil konglomerat Ciputra

Rabu, 27 November 2019 | 10:32 WIB   Reporter: Andy Dwijayanto
Tutup usia, ini profil konglomerat Ciputra

ILUSTRASI. Pendiri Ciputra Group, Ciputra hadir pada Artpreneur Talk 2018

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar duka datang dari konglomerat Indonesia Ir. (HC) Ciputra yang tutup usia pada Rabu (27/11) di usia 88 tahun. Pemilik Ciputra Group tersebut wafat usai mendapatkan perawatan di Singapura. Kabar kepergian salah satu orang terkaya di Indonesia itu, dikonfirmasi oleh Rina Ciputra Sastrawinata, anak pertama almarhum.

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapura pada tgl 27 November 2019 pukul 1:05 waktu Singapura," tulisnya dalam pesan singkat, Rabu (27/11).

Baca Juga: Ciputra Group: Kami semua berduka...

Ciputra atau Tjie Tjin Hoan lahir di Parigi, Sulawesi Tengah pada 24 Agustus 1931. Merupakan insinyur dan pengusaha Indonesia yang bergerak di sektor properti. Karirnya dirintis melalui BUMD DKI Jakarta Jaya Group usai lulus dari ITB. Dirinya menjabat direksi di Jaya Group sampai dengan usia 65 tahun.

Ketika berkarir di Jaya Group, bersama dengan Sudono Salim, Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad mendirikan Metropolitan Group untuk kembangkan perumahan di Pondok Indah dan Kota Mandiri BSD.

Pada masa itu, Ciputra duduk sebagai direktur utama di Jaya Group dan di Metropolitan Group sebagai presiden komisaris. Akhirnya Ciputra mendirikan grup perusahaan keluarga, Ciputra Group yang berkembang sampai dengan saat ini.

Baca Juga: Mengenang Ciputra, sosok inspiratif yang memulai usaha dari garasi

Pada 2011 lalu, Forbes menempatkannya menjadi orang terkaya ke 27 di Indonesia dengan total kekayaan mencapai US$ 950 juta. Selain dikenal sebagai pengusaha sukses, Ia juga dikenal sebagai filantropis dan bergerak dalam pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan universitas.


Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay
Editor: Herlina Kartika
Terbaru