UEFA luncurkan kompetisi kasta ketiga Eropa

Kamis, 26 September 2019 | 01:10 WIB   Reporter: kompas.com
UEFA luncurkan kompetisi kasta ketiga Eropa


SEPAK BOLA - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi meluncurkan kompetisi antarklub kasta ketiga bernama UEFA Europa Conference League.

Wacana pembuatan kompetisi di bawah Liga Champions dan Liga Europa itu sebenarnya sudah UEFA godok sejak 2015. Tapi, UEFA baru meresmikannya pada pertemuan yang berlangsung di Slovenia, Selasa (24/9) waktu setempat.

Kompetisi tersebut bakal bergulir mulai musim 2021-2022. Kelahiran UEFA Europa Conference League menjadi kesempatan tersendiri bagi klub-klub Eropa yang belum pernah merasakan persaingan di kompetisi Benua Biru macam Liga Champions maupun Liga Europa.

Baca Juga: Gagalan lolos ke Liga Champions UEFA, MU diprediksi alami penurunan laba tahun ini

"Kompetisi baru ini akan dimulai pada 2021 dan bertujuan memberikan kesempatan yang lebih luas buat klub-klub di berbagai negara untuk bertarung di kompetisi Eropa," kata EUFA dalam pernyataan resmi.

Format kompetisi UEFA Europa Conference League sendiri mirip dengan Liga Champions, yang diikuti 32 klub dengan sistem penyisihan grup. Klub yang lolos ke fase gugur (babak 16 besar) adalah yang berstatus sebagai juara grup.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru