Unik banget! Kampus ITS gelar wisuda online manfaatkan game Minecraft

Senin, 03 Agustus 2020 | 08:58 WIB   Penulis: Arif Budianto
Unik banget! Kampus ITS gelar wisuda online manfaatkan game Minecraft

ILUSTRASI. Unik banget! Kampus ITS gelar wisuda online manfaatkan game Minecraft


SAINS -SURABAYA. Pandemi Covid-19 memaksa sebagian kegiatan wisuda di Universitas harus dilakukan secara daring. Meskipun begitu ada berbagai cara kreatif untuk menikmati suasana wisuda semenarik mungkin, salah satunya dengan game Minecraft.

Seperti yang dilakukan kampus Institut Teknologi Sepuluh November  (ITS) yang baru saja menggelar wisuda daring memanfaatkan game Minecraft. Wisuda ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus kemarin dan disiarkan melalui kanal resmi YouTube ITS.

Mengutip dari website resmi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), ini merupakan wisuda daring pertama yang digelar oleh pihak kampus. Dan menariknya lagi, pihak kampus juga menghadirkan Minecraft untuk membuat pengalaman wisuda online ini semakin menarik dan interaktif.

Baca Juga: Para Ilmuwan di Inggris manfaatkan gim Minecraft, untuk apa?

Salah satu Dosen Departemen Teknik Informatika, Hadziq Fabroyir S.Kom., PhD. menjelaskan bahwa gedung yang biasa digunakan untuk wisuda, yakni Graha Sepuluh November ITS dibuat dalam balok kotak menggunakan Minecraft Education Edition.

Pihak ITS juga telah berlangganan game Minecraft tersebut dan berinisiatif membangun ulang bangunan virtual khusus untuk memeriahkan wisuda. Tidak sendirian, Hadziq Fabroyir S.Kom., PhD. dibantu 14 orang lainna yang menyukai permainan ini.

Masih mengutip dari website resmi ITS, tim pengembang wisuda Minecraft ini sebenarnya sempat kekurangan referensi. Mereka tidak terlalu ingat bagaimana detail dari gedung yang akan dibuat virtual ini. Dan tidak mungkin untuk menuju ke lokasi disaat pandemi seperti ini. 

"Akhirnya kami merangkai konstruksi graha di Minecraft berdasarkan gambar-gambar yang kami kumpulkan di internet", ujar tim pengembang.

Pengoperasiannya dilakukan secara langsung saat wisuda ke-121 digelar secara online. Komunikasi yang antar pemain yang mengikuti proses wisuda Minecraft ITS menggunakan aplikasi Discord.

Sementara Zoom hanya menerima video feed dari OBS Virtual Camera yang ditransmisikan dari server Minecraft ITS.

Yang menarik lagi yakni Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari M.Eng., juga memberikan sambutan dalam bentuk virtual baik di dalam video streaming maupun di permaina Minecraft.

Wisuda ke-121 ITS ini diikuti secara daring oleh 570 mahasiswa dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK), Fakultas Kelautan (FKT), dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD).

Rektor ITS juga menambahkan bahwa wisuda periode selanjutnya masih belum diketahui bakal digelar secara luring atau daring tergantung kondisi pada saat itu.

"Namun sebetulnya, banyak mahasiswa ITS yang memilih untuk dilaksanakan wisuda secara luring", tambahnya.

Gelaran wisuda ITS yang ke-121 ini juga disambut oleh beberapa tokoh, seperti Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang terhubung secara daring. Pun demikian tak ketinggalan komedian sekaligus alumnus ITS, Cak Lontong juga memeriahkan acara wisuda daring tersebut.

Baca Juga: LEGO bikin mainan replika konsol jadul Nintendo, ini harganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru