kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Unik, Najwa Shihab ternyata punya DNA dari 10 nenek moyang, dari mana saja?


Rabu, 16 Oktober 2019 / 04:25 WIB

Unik, Najwa Shihab ternyata punya DNA dari 10 nenek moyang, dari mana saja?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jurnalis Najwa Shihab ternyata punya keunikan yang selama ini belum terungkap, yakni terkait asal usul DNA yang ia miliki. Terkuak, pemilik program Mata Najwa ini memiliki sepuluh fragmen DNA dari sepuluh leluhur yang berbeda.

Hal itu berdasarkan hasil penelitian Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh Majalah Sejarah daring Historia.

Menurut hasil penelitian tersebut, Najwa Shihab memiliki fragmen DNA dari moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa.

Baca Juga: Uji DNA temukan bakteri, Belanda menarik daging dari peredaran

Komposisinya sebesar 48,54% South Asian, North African 26,81%, African 6,06%, East Asian 4,19%, African Dispersed 4,15%, Middle Eastern 3,48%, Southern European 2,20%, Northern European 1,91%, dan Asian Dispersed 1,43%.

"Najwa Shihab mungkin kita tahu dia anak dari Pak Quraish Shihab yang merupakan keturunan Arab, tetapi ternyata setelah diteliti, ia punya 10 DNA dari berbagai leluhur," ucap Prof Herawati Sudoyo, ahli genetika dari Lembaga Eijkman yang terlibat dalam penelitian itu, dalam ASOI: Asal Usul Orang Indonesia di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

"Najwa Shihab pun menjadi relawan dengan fragmen DNA terbanyak dalam penelitian ini," ujar Herawati.

Najwa Shihab merupakan satu dari 15 relawan yang hasil tes DNA mereka dipamerkan dalam acara tersebut. Para relawan itu terdiri dari berbagai profesi dan latar belakang yang berbeda.

Baca Juga: Simak 6 cara agar sperma tetap sehat

Beberapa nama di antaranya adalah Ariel NOAH, Najwa Shihab, Mira Lesmana, Ayu Utami, dan Riri Riza. Sebagian lainnya merupakan peserta umum yang terpilih sebagai relawan untuk tes DNA tersebut.


Sumber : Kompas.com
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan


Close [X]
×