Uninstall! 400+ Aplikasi Android & iOS ini Disuntik Malware yang Membahayakan Akun FB

Senin, 10 Oktober 2022 | 09:34 WIB   Penulis: Arif Budianto
Uninstall! 400+ Aplikasi Android & iOS ini Disuntik Malware yang Membahayakan Akun FB

ILUSTRASI. Uninstall! 400+ Aplikasi Android & iOS ini Disuntik Malware yang Membahayakan Akun FB


APLIKASI - Uninstall segera! 400 lebih aplikasi Android dan iOS ini disuntik malware yang membahayakan akun Facebook (FB) pengguna. Malware tersebut akan mengambil informasi login pengguna Facebook (FB) ketika menggunakan salah satu aplikasi yang daftarnya dapat Anda simak selengkapnya di sini.

Apakah Anda salah satu pengguna Facebook (FB) yang masih aktif sampa saat ini? Jika iya, nampaknya perlu hati-hati dan waspada dengan 400 lebih aplikasi Android dan iOS yang beredar di Play Store maupun App Store.

Belum lama ini (07/10/2022), Meta yang merupakan perusahaan dibalik Facebook membagikan temuan barunya demi meningkatkan keamanan platform sosial media tersebut.

Sebagai salah satu platform sosial media, Meta selaku pengembang dibalik Facebook tentu saja harus selalu memperhatikan tentang keamanan pengguna. Berdasarkan temuan terbarunya ini, aplikasi pihak ketiga yang telah disuntik malware tersebut dapat mencuri informasi login Facebook (FB) dan membahayakan akun pengguna.

Mirisnya, jumlah temuan aplikasi Android dan iOS yang beredar di Play Store dan iOS ini tidak sedikit. Pihak Meta mengkonfirmasi setidaknya ada lebih dari 400 aplikasi Android dan iOS yang membahayakan pengguna Facebook ini.

Beberapa aplikasi tersebut dikelompokan berdasarkan fungsinya yang menyamar sebagai aplikasi edit foto, game, layanan VPN, aplikasi bisnis dan utilitas lain untuk mengelabui orang agar mengunduhnya atau download.

Meta juga menjelaskan bagaimana cara kerja aplikasi pihak ketiga yang disuntik malware tersebut.

Baca Juga: Kode Redeem FF Hari Ini 10 Oktober 2022, Beragam Hadiah Termasuk Karakter & Skin

Sebagian besar aplikasi yang telah disuntik malware tersebut dibungkus dengan nama yang menggoda, terlihat menyenangkan atau bermanfaat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan tertentu.

Untuk menutupi ulasan negatif, pihak pengembang dari aplikasi tersebut menutupinya dengan review positif yang sebenarnya dibuat-buat. Ini tentu saja dapat mengelabui pengguna lain untuk download aplikasi tersebut.

Setelah aplikasi tersebut terpasang di HP Android atau iOS pengguna, nantinya pengguna diminta untuk login menggunakan akun Facebook (FB).

Informasi login ini yang nantinya menjadi target si malware. Setelah malware tersebut mendapatkan informasi login target, mereka mendapatkan akses penuh akun Facebook tersebut.

Untuk menjaga informasi akun Facebook Anda supaya tetap aman, pihak Meta juga membagikan beberapa cara sebagai berikut.

3 Cara mengamankan akun Facebook (FB) dari malware:

  1. Memerlukan kredensial media sosial untuk menggunakan aplikasi. Anda harus mencurigai aplikasi-aplikasi pihak ketiga, misalnya edit foto yang memerlukan login dan password atau kata sandi FB Anda sebelum mengizinkan menggunakannya.
  2. Reputasi aplikasi. Perhatikan reputasi dari aplikasi yang ingin Anda download di Play Store atau pun App Store. Apakah aplikasi tersebut mendapatkan ulasan yang cukup baik atau sebaliknya?
  3. Fitur yang dijanjikan. Anda juga harus memperhatikan apakah aplikasi yang ingin Anda download itu benar-benar menyediakan fitur dan fungsi yang sesuai setelah digunakan.

Baca Juga: Link Download Stumble Guys 0.41.1 Apk Terbaru Android & iOS, Cobain Map Baru Bot Bash

Berikut ini beberapa contoh aplikasi yang telah disuntik malware:

Contoh aplikasi yang disuntik malware membahayakan akun Facebook (FB)

  • Dress Up Charming
  • Mumus Music Player
  • Soda Music Player
  • Pulse Music Player
  • Pumpkin VPN
  • Rush Car 3D
  • Camera App
  • Papatoon Face Art Editor
  • FB Advertising Optimization
  • Business ADS Manager
  • Ads Analytics
  • FB Adverts Optimization
  • FB Analytic
  • FB Adverts Community
  • FB Ads

Dan masih banyak lagi aplikasi Android dan iOS yang telah disuntik malware. Itu hanya sebagian contoh dari 400+ aplikasi yang membahayakan pengguna Facebook.

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai 400+ aplikasi Android dan iOS serta indikator apa saja yang membahayakan akun FB Anda, silahkan cek melalui link berikut ini: https://github.com/facebook/malware-detection.

Namun demikian, apabila pengguna telah terinfeksi malware yang mencuri informasi login akun Facebook (FB) ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan supaya tetap aman.

Berikut ini 3 cara mengamanakan akun Facebook pengguna.

Baca Juga: Link Download Zoom Meeting di Laptop dan Cara Install Terbaru Oktober 2022

3 Cara mengamankan akun Facebook pengguna:

  1. Atur ulang dan buat kata sandi baru yang kuat. Jangan pernah menggunakan kembali kata sandi Anda di beberapa situs lainnya.
  2. Aktifkan autentifikasi dua faktor (two-factor authentification), sebaiknya menggunakan aplikasi Authenticator, untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun Anda.
  3. Aktifkan peringatan masuk sehingga Anda akan mendapatkan notifikasi ketika seseorang mencoba mengakses akun Anda. Pastikan untuk meninjau sesi sebelumnya untuk memastikan Anda mengenali perangkat mana yang memiliki akses akun Anda.

Sekali lagi, supaya Anda tetap aman ketika menggunakan aplikasi di HP Android dan iOS, pastikan selalu perhatikan beberapa hal yang telah dijelaskan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru