Universitas Pertamina buka pendaftaran jalur seleksi rapor, ada beasiswanya juga

Kamis, 03 Desember 2020 | 14:37 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Universitas Pertamina buka pendaftaran jalur seleksi rapor, ada beasiswanya juga

ILUSTRASI. Universitas Pertamina buka pendaftaran jalur seleksi rapor, ada beasiswanya juga. KONTAN/Baihaki/25/2/2016

KONTAN.CO.ID -  Universitas Pertamina sudah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru jalur seleksi nilai rapor. Pendaftaran ini dibuka untuk tahun akademik 2021/2022. Selain pembukaan pendaftaran, ada juga beasiswa yang bisa dicoba oleh siswa. 

Universitas Pertamina (UP) merupakan universitas yang dikelola oleh Yayasan Pertamina.  Ada 16 program studi yang ditawarkan di Universitas Pertamina yang bisa didaftar oleh siswa. 

Untuk Seleksi Nilai Rapor sendiri ada beberapa mata pelajaran yang diperhitungkan. Untuk kelompok IPA mata pelajaran yang diperhitungkan antara lain matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, fisika dan kimia.

Pada kelompok IPS, matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, ekonomi dan sosiologi menjadi mata pelajaran yang diperhitungkan. Sedangkan IPC mata pelajaran yang diperhitungkan adalah matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, fisika, kimia, ekonomi dan sosiologi.

Simak informasi tentang pendaftaran calon mahasiswa baru Universitas Pertamina jalur Seleksi Nilai Rapor yang dihimpun dari laman resmi Universitas Pertamina. 

Baca Juga: 11 Universitas swasta terbaik di Indonesia 2021, tidak kalah dengan PTN

Persyaratan peserta 

  • Persyaratan peserta adalah siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021, serta memiliki nilai rapor semester 1-5.
  • Peserta tidak menderita buta warna untuk beberapa program studi yang mempersyaratkan bebas buta warna.
  • Pada seleksi jalur ini, peserta cukup menginput nilai rapor dan mengunggah scan dokumen nilai rapor semester 1-5 pada saat pengisian data diri sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  • Pengisian data diri untuk peserta Seleksi Nilai Rapor Periode 2 dapat dilakukan pada tanggal 18 Desember 2020 – 05 Januari 2021 dengan login pada laman https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/, menggunakan nomor pendaftaran dan password yang diterima melalui email Konfirmasi Pembayaran.
  • Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri akan dianggap mengundurkan diri dari seleksi.
  • Pilihan kelompok ujian disesuaikan dengan pilihan program studi yang dituju.
  • Peserta dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina berdasarkan kelompok ujian yang dipilih.
  • Lokasi ujian hanya tersedia Kota Jakarta (default) karena seleksi dilaksanakan secara online. Namun peserta tidak perlu datang ke Kota Jakarta, pun tidak perlu mengikuti tes tertulis apapun.
  • Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah peserta yang telah melakukan pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran.
  • Biaya pendaftaran dibedakan sesuai dengan kelompok seleksi yang dipilih, yaitu bagi kelompok IPA/IPS sebesar Rp 150.000, sedangkan untuk kelompok IPC sebesar Rp 200.000.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru