Upaya Perguruan Tinggi Tingkatkan Pendidikan Finansial di Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 | 17:41 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Upaya Perguruan Tinggi Tingkatkan Pendidikan Finansial di Sekolah

Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD) telah meluncurkan program pelatihan literasi keuangan di SMAN 1 Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.


LITERASI UANG -  JAKARTA. Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD) telah meluncurkan program pelatihan literasi keuangan di SMAN 1 Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. 

Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan keuangan kepada siswa dan guru, membantu mereka memahami berbagai aspek keuangan dari dasar hingga investasi.

Kondisi geografis Kepulauan Mentawai yang terisolasi sering kali membatasi akses masyarakat ke informasi dan layanan keuangan. Program ini hadir untuk mengatasi hambatan tersebut dengan menyediakan pelatihan yang meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan dan membuka peluang ekonomi baru.

Baca Juga: Peringati Hari Kebangkitan Nasional, PNM Dukung Kegiatan Positif Karyawan

Dzikri Firmansyah Hakam, Dosen Sekolah Bisnis Manajemen ITB dan ketua program, menjelaskan bahwa pihaknya ingin memberikan bekal literasi keuangan yang kuat kepada siswa. 

"Dengan pemahaman yang baik tentang investasi dan pengelolaan keuangan pribadi, mereka akan lebih siap menghadapi masa depan finansial mereka," ujarnya, Rabu (22/5).

Program ini mengkombinasikan teori dengan praktik langsung, di mana peserta dibimbing oleh para ahli ekonomi dan keuangan. Mereka diajarkan memahami risiko dan keuntungan dari berbagai jenis investasi serta pentingnya merencanakan keuangan jangka panjang. Salah satu fokus utama adalah pengenalan investasi di pasar modal untuk memberikan pengetahuan praktis kepada siswa.

Selain itu, pelatihan ini mencakup pembuatan rencana keuangan pribadi, manajemen pengeluaran, dan identifikasi peluang investasi yang sesuai dengan profil risiko individu. Penilaian dilakukan untuk mengukur pemahaman siswa dan guru terhadap materi yang telah disampaikan.

Baca Juga: Cara Menabung Dana Pensiun: Opsi Investasi Terbaik Menurut Octa

Kepala SMAN 1 Siberut Selatan, Yessi, menyambut baik program ini dan berharap dapat melihat dampak positifnya. "Kami yakin bahwa pengetahuan literasi keuangan ini akan sangat bermanfaat bagi siswa kami dalam mengelola keuangan mereka sendiri. Ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan mereka untuk masa depan," ujarnya.

ITB berharap program ini dapat menciptakan perubahan signifikan dalam cara masyarakat mengelola keuangan mereka, memberikan dampak positif yang luas, baik pada tingkat individu maupun komunitas. ITB berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan literasi keuangan di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru