Update Android 12, simak jadwal rilis untuk beberapa merek HP Android

Jumat, 19 Februari 2021 | 16:51 WIB   Penulis: Arif Budianto
Update Android 12, simak jadwal rilis untuk beberapa merek HP Android

KONTAN.CO.ID - Google akhirnya resmi mengungkapkan beragam informasi terbaru seputar Android 12. Tidak ketinggalan, jadwal rilis Android 12 untuk beberapa HP Android yang ada di pasaran.

Android menjadi salah satu sistem operasi (OS) yang bisa dikatakan cukup populer. Bagaimana tidak? Kini hampir setiap orang punya smartphone, khususnya Android yang lebih mudah dijangkau banyak kalangan.

Hingga saat ini, sudah banyak versi Android yang digunkan smartphone di seluruh dunia. Terakhir yang paling baru adalah Android 12 yang memiliki nama panggilan Red Velvet

Memasuki versi terbarunya, Android 12 telah memasuki developer preview yang tersedia sejak tanggal 17 Februari lalu. Sebelumnya kita juga telah melihat beberapa bocoran tampilan Android 12 yang tersebar di internet.

Dari segi penampilan antarmuka (UI), Android 12 terlihat menjanjikan. Beberapa perombakan tampilan di menu notification hingga widget terlihat cukup bersih.

Tampilan antarmuka awal Android 12

Android 12 juga dikabarkan bakal menambahkan fitur yang meningkatkan keamanan penggunanya. Benar sekali, di Android 12 kini terdapat opsi dimana kita bisa mengaktifkan maupun mematikan fungsi kamera, mic hingga sensor tertentu sesuai dengan keinginan.

Jadi kita tidak perlu khawatir apabila aplikasi-aplikasi tertentu dengan sengaja menyalakan kamera atau mic yang ada di smartphone. Adapun indikator yang memperlihatkan sebuah aplikasi menggunakan kamera atau mic smartphone yang kita gunakan.

Selain beberapa informasi tersebut, yang tidak boleh terlewatkan adalah jadwal perilisan Android 12. Siapa yang tidak sabar dengan peluncuran Android 12?

Mengutip dari PhoneArena.com, Android 12 dikabarkan rilis pada tanggal 2 September 2021 mendatang. Sementara itu versi developer preview dari Android 12 telah tersedia sejak 17 Februari lalu.

Versi developer preview ini bakal terus dikembangkan hingga versi finalnya rilis kelak. Jadi kita belum bisa mengetahui apakah fitur-fitur serta tampilan yang kita lihat saat ini bakal mengalami perubahan nantinya.

Meskipun Android 12 telah diumumkan, belum tentu produsen smartphone bakal langsung merilis OS tersebut ke ponsel rilisannya. Produsen smartphone setidaknya membutuhkan waktu untuk mengembangkan Android 12 menyesuaikan smartphone rilisannya.

Baca Juga: Selain Snow Cone, berikut daftar kandidat nama Android 12

Berikut jadwal perilisan Android 12 untuk beberapa merek HP Android:

  • Samsung: Oktober versi beta, Desember 2021 versi stabil
  • LG: mulai Januari 2022
  • OnePlus: September versi beta, Oktober 2021 versi stabil
  • Motorola: September versi beta, Januari 2022 versi stabil
  • Nokia: mulai Oktober 2021
  • Oppo, vivo, Realme: Q4 (Kuartal 4) 2021
  • Sony: Desember 2021

Masih cukup lama ternyata untuk menikmati Android 12, setidaknya kita harus menunggu sampai akhir tahun. Meski demikian, Google pastinya bakal membawa Android 12 untuk pertama kalinya di ponsel rilisannya, yakni Google Pixel.

Selanjutnya: Inilah bocoran penampakan awal antarmuka Android 12

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru