kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.935
  • EMAS714.000 1,28%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Usai liburan, rawat koper dengan cara mudah ini


Senin, 24 Juni 2019 / 06:29 WIB

Usai liburan, rawat koper dengan cara mudah ini
ILUSTRASI. tumpukan koper

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim libur lebaran telah usai. Saatnya Anda membersihkan dan menyimpan koper sebelum digunakan untuk berlibur akhir tahun nanti.

Sebagian masyarakat mulai berburu koper menjelang musim libur. Kini setelah liburan usai, waktunya mereka untuk membersihkan dan menyimpan koper.

Anton Thedy, pemilik TX Travel, mengatakan koper perlu dirawat agar awet dan tahan lama. Dengan begitu pemilik tidak perlu membeli koper baru ketika hendak berlibur.

Asal tahu saja, bila pemilik tidak pernah membersihkannya maka koper akan rusak. "Biasanya kerusakan terjadi pada roda atau koper jadi berjamur," kata Tasdhik Adipura, pemilik Sewa koper.

Bila Anda pemilik koper dan tidak ingin kembali merogoh kocek untuk membeli koper baru, Anda harus membersihkan dan merawat koper sebelum disimpan.  

Apakah Anda tahu cara merawat koper?. Bila jawabannya tidak, Anda tidak perlu khawatir. Simak kiat membersihkan koper berikut ini.

1. Simpan kapur barus dalam koper

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kapur barus ke dalam koper. Anda dapat meletakkan dua sampai empat butir kapur barus ke dalam koper.

Bila tidak mempunyai kapur barus, Anda dapat menggunakan silica gel (dalam kemasan). Anda cukup letakkan dua silica gel di dalam koper.

Opsi lainnya, Anda dapat meletakkan segenggam beras ke dalam koper. "Anda bungkus beras tersebut dengan kaos kaki bekas sebelum diletakkan ke dalam koper," kata Anton.

Kapur barus, beras dan silica gel ini berfungsi untuk menyerap air dalam koper. Sehingga, koper Anda tidak lembab dan berjamur meskipun disimpan dalam jangka waktu lama.

2. Bersihkan body koper dengan kain basah

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah membersihkan body koper.Caranya mudah, Anda cukup basahi kain bersih dengan air. Kemudian, Anda oleskan di body koper.

Anda dapat mengoleskan kain basah di body koper beberapa kali untuk menghilangkan noda membandel. Setelah itu, Anda dapat mengeringkan body koper dengan kain kering.

 Kemudian, Anda angin-anginkan koper beberapa menit. Agar, body koper benar-benar kering sebelum Anda simpan.

"Sebaiknya Anda membersihkan body koper setelah digunakan," kata Anton. Tujuannya, agar Anda tidak perlu repot membersihkan ketika ingin digunakan.   

3. Olesi roda dengan minyak

Langkah ketiga, Anda harus membersihkan roda koper sebelum disimpan. Caranya, Anda dapat membersihkan roda koper dengan sikat gigi bekas.

Anda dapat menyikat seluruh bagian roda sampai bersih. Setelah itu, Anda harus mengolesi roda koper dengan minyak sayur. Tujuannya, agar roda koper Anda tidak macet   

4. Simpan koper di tempat sejuk  

Langkah terakhir, Anda siap menyimpan koper. Perhatikan, Anda harus menyimpan koper di tempat kering atau ruangan berudara sejuk. Tujuannya, agar koper Anda tidak berjamur atau berkarat.

Perlu diingat, Anda wajib memeriksa kondisi koper satu sampai enam bulan sekali. Agar, koper Anda tetap dalam kondisi bagus dan layak pakai.

"Anda sebaiknya mengeluarkan koper dari ruangan untuk di angin-anginkan sekitar sebulan sekali," kata Tasdhik.

Selain mengecek body dan roda koper, Anda juga harus melihat kondisi dalam koper. Anda dapat meletakkan kapur barus baru ke dalam koper bila yang lama sudah menguap.

 

 

  

 

 


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0006 || diagnostic_api_kanan = 0.0578 || diagnostic_web = 0.3183

Close [X]
×