Gadget

User Telegram melonjak melewati 500 juta pengguna aktif di awal Januari 2021

Kamis, 14 Januari 2021 | 07:11 WIB   Penulis: Arif Budianto
User Telegram melonjak melewati 500 juta pengguna aktif di awal Januari 2021

ILUSTRASI. User Telegram melonjak melewati 500 juta pengguna aktif di awal Januari 2021

KONTAN.CO.ID - Telegram baru saja menembus pencapaian terbarunya di awal tahun 2021. Bagaimana tidak? user atau pengguna Telegram tercatat melebihi 500 juta pengguna aktif di minggu pertama Januari 2021.

Telegram menjadi salah satu aplikasi perpesanan yang tidak kalah menarik dengan beberapa aplikasi sejenis. Pertama kali meluncur tahun 2013 lalu, Telegram telah menemani seluruh penggunanya lebih dari 7 tahun. 

Fungsinya pun mirip dengan aplikasi sejenis, sebut saja WhatsApp maupun Line. Sama-sama digunakan untuk membantu mempermudah komunikasi antar penggunanya.

Bisa menggunakan teks untuk mengobrol seperti pada umumnya, hingga panggilan telepon maupun video. Selain itu, Telegram juga bisa menyisipkan berbagai jenis file sehingga bisa juga digunakan untuk membantu produktivitas pekerjaan tertentu.

ILUSTRASI: TELEGRAM

Masih berbicara tentang Telegram, baru-baru ini aplikasi saingan WhatsApp tersebut baru saja memperoleh pencapaian terbarunya. Yakni pengguna jumlah pengguna aktif yang kini melebihi angka 500 juta pengguna aktif per bulan.

Baca Juga: Ada fitur cek koneksi internet di Google Meet, apa kegunaannya?

Mengutip dari pengumuman resmi yang dirilis Telegram (12/1/2021), angka tersebut tercatat pada minggu pertama bulan Januari 2021. Menariknya lagi, tercatat 25 juta pengguna aktif baru bergabung hanya dalam waktu 72 jam saja.

Pengguna aktif Telegram yang baru tersebut berasal dari berbagai wilayah di dunia. Berikut rincian pengguna aktif Telegram yang baru bergabung:

38% dari wilayah Asia, 27% dari wilayah Eropa, 21% dari wilayah Amerika Latin dan 8% dari wilayah MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara).

Bersamaan dengan pencapaian tersebut, Pavel Durov yang merupakan pendiri Telegram menyampaikan:

"Orang-orang tidak lagi ingin menukar privasi mereka dengan layanan gratis. Mereka tidak ingin lagi disandera oleh monopoli teknologi yang tampaknya berpikir bahwa mereka dapat melakukan apa saja selama aplikasi mereka memiliki pengguna yang kritis".

Nah, apakah kalian sudah pernah menjajal Telegram?

Telegram sendiri bisa download dan pasang di HP Android dan iPhone, dan yang terpenting juga tersedia secara gratis. Soal keamanan tidak perlu khawatir, Telegram juga sudah dilengkapi enkripsi end-to-end.

Selanjutnya: Heboh sebar data pengguna ke Facebook, ini penjelasan resmi WhatsApp

 

Editor: Arif Budianto
Terbaru