HOME

Vegan dan vegetarian, apa saja dedanya?

Senin, 12 Juli 2021 | 08:45 WIB Sumber: Healthline
Vegan dan vegetarian, apa saja dedanya?

KONTAN.CO.ID - Vegan dan vegetarian termasuk jenis diet yang sudah populer sejak lama. Kedua jenis diet tersebut pun seringkali dikira sama. Namun, Moms tahu tidak kalau keduanya ternyata berbeda?

Yup, kedua jenis diet yang bernama mirip tersebut sebenarnya adalah dua jenis diet yang berbeda. Nah, kalau bingung, yuk kita simak perbedaan vegan dan vegetarian di bawah!

Apa itu vegetarian?

Mengutip healthline.com dan laman di Vegetarian Society, jenis makanan yang bisa dikonsumsi vegetarian mencakup sayur dan buah, kacang-kacangan dan biji-bijian, telur, produk susu, dan madu.

Baca Juga: Enak! Resep Sayur Bening Katuk Untuk Ibu Menyusui

Jadi, pada dasarnya, vegetarian tidak mengonsumsi daging, tapi mereka bisa memilih untuk mengonsumsi produk hewani seperti telur, produk susu dan olahannya, serta madu.

Oleh karena itu, jangan heran ya Moms kalau menemukan produk atau makanan vegetarian yang menggunakan produk-produk hewani di atas, karena vegetarian pun masih boleh mengonsumsinya.

Apa itu vegan?

Mengutip dari Vegan Society, diet vegan adalah versi yang lebih “ketat” daripada vegetarian. Artinya, mereka yang menjalani pola makan vegan benar-benar membatasi makanannya pada produk tumbuh-tumbuhan, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan sebagainya.

Kalau vegetarian masih bisa mengonsumsi produk hewani seperti telur, susu, dan madu, maka vegan sama sekali tidak mengonsumsi tiga hal tersebut. Sebagai gantinya, mereka mengonsumsi produk pengganti yang berasal dari tumbuhan, misalnya susu kedelai atau almond.

Diet vegan sebenarnya tidak hanya berfokus pada makanan, tapi juga gaya hidup secara keseluruhan. Seseorang yang menjalani gaya hidup vegan biasanya menolak menggunakan barang-barang yang mengandung unsur hewani, seperti mantel bulu atau tas kulit.

Baca Juga: Manfaat Susu Almond Untuk Kesehatan, Begini Cara Membuatnya

Mengapa ada diet vegan dan vegetarian?

Mungkin Moms bertanya-tanya, kenapa ya ada orang yang menjalani gaya hidup vegan dan vegetarian?

Umumnya, vegetarian dan vegan sama-sama menghindari daging atau produk hewani lainnya karena masalah lingkungan. Mengurangi konsumsi daging dan produk hewani dianggap bisa berdampak baik bagi keberlanjutan dan kelestarian lingkungan.

Selain itu, ada juga yang menjalani diet vegetarian dan vegan karena alasan kesehatan. Mengutip medicalnewstoday.com, sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan beragam dampak positif diet ini pada kesehatan. Misalnya untuk mengurangi kadar kolesterol, mengontrol berat badan, dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Nah, itu tadi bedanya diet vegan dan vegetarian. Gimana, Moms, sudah paham kan sekarang? Atau malah jadi tertarik menjalani gaya hidup seperti itu?

Jika Moms ingin mencoba gaya hidup vegan atau vegetarian, jangan sembarangan melakukannya, ya. Konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi langganan Moms. Kalau dilakukan sembarangan, bisa-bisa malah berdampak buruk ke diri sendiri!

Selanjutnya: Panduan Makanan Sehat Selama Isoman, Apa Saja, Ya?

Editor: Kania Paramahita
Terbaru