kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Verifikasi akun YouTube semakin susah


Senin, 23 September 2019 / 11:01 WIB

Verifikasi akun YouTube semakin susah
ILUSTRASI. YouTube


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti media sosial lainnya, YouTube juga memiliki mekanisme dan sistem verifikasi akun. Verifikasi tersebut dilakukan tak lain untuk memastikan keaslian akun yang bersangkutan.

Untuk mendapatkan verifikasi dari YouTube, sebuah akun harus memenuhi sejumlah syarat tertentu, salah satu yang paling penting adalah memiliki jumlah subscriber (pengikut) minimum sebanyak 100.000.

Namun syarat tersebut akan segera berubah. Terhitung mulai Oktober 2019, para kreator konten di YouTube akan semakin sulit untuk mendapatkan verifikasi, sebab pihak YouTube telah memastikan akan memperketat syarat untuk mendapatkan tanda centang tersebut.

Baca Juga: Blackpink, grup musik dengan subscribers Youtube tertinggi kalahkan One Direction

Dikutip KompasTekno dari Slash Gear, Minggu (22/9), YouTube nantinya tak hanya mengacu pada jumlah subscriber untuk memberikan tanda verifikasi kepada sebuah akun. Verifikasi ini juga akan bergantung pada keaslian akun dan keunggulan konten.

Selain itu, YouTube juga akan memprioritaskan akun-akun yang memang membutuhkan bukti otentik untuk menunjukkan keaslian akun mereka, seperti misalnya musisi, komedian, atau artis lainnya.

Selain itu, YouTube juga akan mempertimbangkan untuk memverifikasi sebuah akun (channel) jika akun yang bersangkutan memiliki tingkat kehadiran di internet yang kuat. Atau dengan kata lain, akun tersebut cukup dikenal di dunia maya.

Dengan adanya perubahan syarat ini, kreator konten di YouTube akan semakin sulit mendapatkan tanda centang. Selain itu, beberapa akun yang sebelumnya sudah terverifikasi juga berpotensi kehilangan verifikasi tersebut jika tidak memenuhi syarat.

Baca Juga: Diam-diam mengumpulkan informasi anak-anak, YouTube kena denda US$ 170 juta


Sumber : Kompas.com
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×