kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Vienna bertahan jadi kota paling nyaman di dunia


Sabtu, 14 September 2019 / 07:00 WIB

Vienna bertahan jadi kota paling nyaman di dunia


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vienna, Ibu Kota Austria mempertahakan predikatnya menjadi kota paling nyaman di dunia berdasarkan riset Economist Intelligence Unit (EIU), entitas afiliasi The Economist. Predikat tersebut diperoleh Vienna sejak tahun lalu.

Dalam risetnya, EIU menilai 140 kota di dunia dengan 30 indikator penilaian yang terbagi atas 5 kategori: stabilitas, kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur. Dengan skor mencapai 90,1, Vienna yang berkelimpahan dengan musik dan kesenian serta punya banyak arsitektur megah berhasil mengalahkan kota lainnya seperti Melbourne, Sydney, Osaka.

Sementara peringkat 10 besar kota ternyaman adalah. Vienna (1), Melbourne (2), Sydney (3), Osaka (4), Calgary (5), Vancouver (6), Toronto (7), Tokyo (8), Copenhagen (9), dan Adelaide (10).

Baca Juga: Mengapa Hong Kong begitu penting bagi China?

Meskipun Vienna berada di puncak, nyatanya cuma ada dua kota asal Eropa yang menduduki peringkat 10 besar. Sisanya didominasi oleh Australia, Kanada, dan Jepang.

Sedangkan kota asal negara-negara besar lainnya macam Paris, London, New York terlempar dari papan atas akibat meningginya tingkat kriminalitas dan merosotnya infrastruktur perkotaan.

Secara umum, dari risetnya EIU menyatakan ada 27 kota yang skornya meningkat, sementara ada 15 kota lainnya yang justru mendapat skor lebih buruk dibandingkan riset serupa tahun lalu. Peningkatan terbesar terjadi di San Juan, Ibu Kota Puerto Rico yang merangkak 20 peringkat dengan bercokol di posisi 69.

Melonjaknya peringkat San Juan diperoleh akibat keseriusan pemerintahnya meningkatkan taraf kesehatan kota pascabencana Badai Irma, dan Maria pada 2017 silam.

Sementara itu, meskipun menempatkan dua wakilnya di peringkat teratas tak serta merta mempu membuat warga Asutralia senang. Sebaliknya, mereka justru marah. Sejumlah cuitan dikutip The Guardian, Rabu (4/9) mengungkapkan warga Australia yang menyatakan mestinya posisi puncak diisi oleh Kota asal Australia. Atau mengejek bagaimana buruknya pantai-pantai di Austria.

Baca Juga: Ini 10 kota paling nyaman ditinggali pada tahun 2019

Meski demikian Pemerintahan Melbourne, dan Sydney tetap mengapresiasi hal ini. “Sekali lagi, Melbourne menjadi kota papan atas di dunia,” tulis pemerintahan Melbourne. “Posisi Sydney meningkat ke peringkat teratas kota ternyaman dunia,” kata Pemeritahan Sydney.

Skor yang didapat dua kota asal Australia ini sejatinya memang tipis berada di bawah Austria. Melbourne dapat 98,4 sedangkan Sydney dapat skor 98,1. Sydney juga tercatat meraih peningkatan signifikan, tahun lalu ia berada di posisi lima. Sedangkan selain Melbourne, dan Sydney adapula dua kota Australia lainnya yang masuk daftar tersebut yaitu Perth di peringkat 14, dan Brisbane di peringkat 18.

Lucy Gunn, Peneliti Centre for Urban Research di RMIT di Melbourne menyatakan sejtinya riset yang dilakukan EIU tak objektif. “Dari 30 indikator penilaian, cuma ada 4 yang dinilai secara kuantitatif, sisanya berdasarkan penilaian mandiri oleh EIU yang menunjukkan hampir tak ada objektifitas di sini,” ungkapnya.


Reporter: Anggar Septiadi
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×