HOME

Viral, jumlah unduhan aplikasi Clubhouse di iOS telah mencapai lebih dari 8 juta

Senin, 22 Februari 2021 | 16:37 WIB Sumber: Phone Arena
Viral, jumlah unduhan aplikasi Clubhouse di iOS telah mencapai lebih dari 8 juta

KONTAN.CO.ID - Menjadi viral dan banyak digunakan oleh orang-orang, jumlah unduhan aplikasi Clubhouse meroket di seluruh dunia. Diketahu, jumlah unduhan aplikasi Clubhouse di iOS (iPhone/iPad) telah mencapai lebih dari 8 juta kali sampai saat ini.

Baru-baru ini aplikasi Clubhouse sedang ramai diperbincangkan oleh khalayak ramai dunia maya. Bukan hanya diperbincangkan saja, mereka juga menjajal aplikasi obrolan audio yang saat ini baru tersedia untuk penggunak iOS (iPhone/iPad).

Aplikasi Clubhouse sendiri menawarkan pengalaman berkomunikasi dengan khalayak ramai memanfaatkan audio atau suara. Ya, pengguna Clubhouse bisa mendengarkan berbagai macam topik obrolan seru sesuai dengan interest masing-masing.

Meski baru tersedia di perangkat iOS, jumlah unduhan aplikasi tersebut tiba-tiba meroket. Khususnya bulan Januari-Februari, jumlah unduhan aplikasi Clubhouse meningkat tajam.

Mengutip dari PhoneArena.com, situs AppAnnie melaporkan bahwa jumlah unduhan aplikasi Clubhouse telah mencapai lebih dari 8 juta kali di seluruh dunia.

Perlu Anda ketahui, Clubhouse bukanlah aplikasi baru yang rilis belakangan ini. Aplikasi tersebut sebenarnya telah rilis sejak bulan April 2020 lalu, dan pada bulan Mei 2020 penggunanya baru 1.500 orang.

Popularitas Clubhouse mulai meningkat ketika Bos Tesla, Elon Musk mulai menggunakan aplikasi tersebut. Seketika orang-orang di dunia maya mulai tertarik untuk menjajalnya hingga jumlah unduhannya meningkat pesat.

Jumlah unduhan aplikasi Clubhouse - App Annie

Situs App Annie melaporkan bahwa pada tanggal 1 Februari 2021 jumlah unduhan Clubhouse mencapai lebih dari 3,5 juta. Kemudian pada tanggal 16 Februari, jumlah unduhannya meningkat tajam mencapai 8,1 juta kali unduhan.

Meskipun jumlah unduhan Clubhouse begitu meroket, belum tentu mereka bisa menggunakan aplikasi tersebut. Sebab untuk menggunakan aplikasi Clubhouse, user atau pengguna membutuhkan invitation atau undangan.

Selain di tanah air, aplikasi Clubhouse juga populer di beberapa negara lainnya, seperti Inggris, Jepang, Jerman, Brazil dan Turki. Aplikasi Clubhouse diciptakan oleh developer Alpha Exploration.

Sayangnya bagi pengguna Android harus dianak tirikan, sebab aplikasi tersebut tidak tersedia di Play Store. Ya, untuk sementara ini tidak ada di Play Store, namun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari aplikasi tersebut bisa juga digunakan oleh pengguna Android.

Terlepas dari semua itu, pengguna Android masih bisa menggunakan aplikasi alternatif serupa, seperti Discord. Aplikasi yang sudah dikenal oleh kalangan gamers ini memiliki fitur yang serupa. 

Anda bisa mengobrol via audio atau suara hingga obrolan video call group.

Selanjutnya: Elon Musk undang Vladimir Putin mengobrol di Clubhouse, ini jawaban jubir Kremlin

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru