Waduk Gajah Mungkur, tempat wisata yang ikonik di Wonogiri

Senin, 07 Desember 2020 | 13:53 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Waduk Gajah Mungkur, tempat wisata yang ikonik di Wonogiri

ILUSTRASI. Suasana di sekitar Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Dok: Instagram?Waduk Gajah Mungkur


WISATA - Waduk Gajah Mungkur merupakan tempat wisata yang ikonik di Wonogiri. Tempat wisata air ini berlokasi tepat di Jalan Wuryantoro-Wonogiri kilometer 5, Jawa Tengah.

Waduk Gajah Mungkur hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari Kota Wonogiri. Waduk ini cukup unik karena mencakup tujuh kecamatan antara lain Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Nguntoronadi, Baturetno, Giriwoyo, Eromoko dan Wuryantoro.

Di sini, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan waduk dan pegunungan yang mengelilinginya. Selain itu, ada banyak aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di sini seperti naik perahu, wahana bermain anak, melihat gajah dan berenang.

Tempat wisata ini sempat tutup selama delapan bulan karena adanya pandemi Covid-19. Akan tetapi, Waduk Gajah Mungkur sudah bisa pengunjung datangi per tanggal 29 November 2020 lalu. Karena masih buka dalam masa uji coba, wahana penyewaan perahu pun belum beroperasi seperti biasanya.

Waduk Gajah Mungkur

Baca Juga: Seperti di Bali, ada pura atas tebing di Pantai Balekambang

Meskipun begitu, pengunjung dari luar Wonogiri sudah bisa berlibur di sini setiap hari mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB dengan harga tiket masuk senilai Rp 10.000 per orang. Harga tiketnya yang murah dan tempat wisatanya yang seru bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih destinasi liburan di akhir pekan.

Selama masa pandemi, Waduk Gajah Mungkur menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dengan batas tertentu, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun secara berkala, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Selanjutnya: Grojogan Watu Purbo Yogyakarta, air terjun yang punya enam tingkatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Novianti Siswandini

Terbaru