Wah, 64% transfer klub Liga Champion incar pemain muda

Jumat, 13 September 2019 | 01:05 WIB Sumber: Reuters
Wah, 64% transfer klub Liga Champion incar pemain muda


TRANSFER PEMAIN BOLA - NYON. Klub-klub yang berlaga dalam Liga Champions musim ini dan babak grup Liga Eropa menginvestasikan lebih dari setengah belanja transfer mereka pada pemain berusia 24 tahun ke bawah. Sebuah laporan oleh Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) mengungkapkan data itu pada Kamis (12/9), seperti ditulis Reuters.

Laporan kompetisi klub UEFA mengatakan, 80 klub menghabiskan total US$ 3,98 miliar dengan 43% di antaranya memecahkan rekor transfer mereka sendiri.

Baca Juga: Arsene Wenger: Mohamed Salah bisa samai Messi asalkan...

Namun, bukan untuk kulakan pemain yang berpengalaman, mereka menghabiskan 64% dari uang itu untuk menggaet pemain 24 tahun atau lebih muda. Hanya 7% yang digunakan untuk belanja pemain yang berusia di atas 28 tahun.

Pemain bertahan dan penyerang masing-masing memakan 35% pengeluaran. Adapun belanja pemain gelandang menyita 25% anggaran dan kiper hanya 5%.

Di lain sisi, klub sepakbola juga sibuk menjual pemain. Penghasilan dari transfer mencapai sekitar 3,72 miliar euro.

Banyak klub di luar liga utama di negara-negara seperti Swiss, Portugal dan Belanda, sekarang memiliki model bisnis baru: membeli pemain muda, mengembangkan bakat mereka, lalu menjualnya ke klub yang lebih besar beberapa tahun kemudian.

Baca Juga: Gara-gara Mourinho, Manchester United gagal gaet Van Dijk

UEFA mengatakan, enam klub mengelola laba bersih lebih dari 50 juta euro dalam transaksi transfer musim panas mereka.

Laporan itu juga menggambarkan klub telah menghabiskan antara 250.000 euro dan 953 juta euro untuk merakit pasukan mereka saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru