Tokoh

Warren Buffett: Ayah saya adalah inspirasi saya

Selasa, 15 Desember 2020 | 10:15 WIB Sumber: Yahoo Finance
Warren Buffett: Ayah saya adalah inspirasi saya

ILUSTRASI. Berikut enam trik yang dapat Anda contek dari Warren Buffett dalam mengajari anak-anak tentang uang. (Photo by Daniel Zuchnik/WireImage)

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Anda pasti mengira, CEO miliarder Berkshire Hathaway Warren Buffett tidak akan punya waktu untuk mengajar investor generasi berikutnya. Ini mengingat semua kesepakatan bisnis besar dan pekerjaan filantropisnya, 

Kondisinya tidak demikian. Pada tahun 2011, Oracle of Omaha itu membantu membuat serial animasi anak-anak bernama Secret Millionaires Club, yang menampilkan Warren Buffett sebagai mentor untuk sekelompok anak-anak yang giat dan semangat. Warren Buffett bahkan menjadi pengisi suaranya sendiri selama beberapa tahun pertama.

Anda mungkin tidak memiliki kecerdasan finansial legendarisnya, tetapi selama bertahun-tahun Warren Buffett telah menawarkan beberapa trik kebijaksanaan bagi orang tua tentang cara mengajar anak-anak mereka tentang uang. 

Berikut enam trik yang dapat Anda contek dari Warren Buffett, seperti yang dilansir Kontan dari Yahoo Finance:

Baca Juga: Yuk ditiru, cara Warren Buffet dalam membelanjakan uang

1. Tidak pernah terlalu dini untuk belajar

Ketika Warren Buffett mengatakan untuk mulai mengajarkan keterampilan keuangan sejak dini, maksudnya adalah sedini mungkin.

“Kadang-kadang orang tua menunggu sampai anak-anak mereka remaja sebelum mereka mulai berbicara tentang mengelola uang, padahal mereka bisa memulai ketika anak-anak mereka masih prasekolah,” katanya kepada CNBC.

Jadi, bagaimana Anda mengajarkan literasi keuangan kepada anak berusia tiga tahun? Lupakan pasar saham dan mulailah dengan hal-hal klasik: Uang tidak tumbuh dari pohon.

Anda bisa menjelaskan kepada anak-anak bahwa belanja tidak semudah mengetuk kartu ke mana pun Anda pergi. Butuh kerja keras untuk menghasilkan uang, jadi Anda tidak boleh menghabiskan uang sembarangan.

Baca Juga: Pakar: Tidak ada yang salah dengan trading harian, tapi itu berjudi

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru