Warren Buffett beberkan pelajaran terbesar dari pandemi Covid-19

Jumat, 02 Juli 2021 | 00:20 WIB Sumber: CNBC
Warren Buffett beberkan pelajaran terbesar dari pandemi Covid-19


INVESTASI BERKSHIRE HATHAWAY - JAKARTA. Investor legendaris Warren Buffett mengatakan, dampak ekonomi atas pandemi Covid-19 terjadi secara tidak proporsional pada usaha kecil. Apalagi ketidakpastian Covid-19 masih jauh dari selesai.

"Dampak ekonomi adalah hal yang sangat tidak merata di mana ... ratusan ribu atau jutaan usaha kecil telah dirugikan dengan cara yang mengerikan, tetapi sebagian besar perusahaan besar telah melakukannya dengan sangat baik," kata CEO Berkshire Hathaway dalam konferensi pers. 

Warren Buffett mengatakan, pandemi ini masih belum berakhir. "Maksud saya, dalam hal ketidakpastian ... ini sangat tidak terduga, tetapi berhasil lebih baik daripada yang diantisipasi orang untuk kebanyakan orang dan sebagian besar bisnis. Dan itu hanya, bukan karena kesalahan mereka sendiri, itu hanya menghancurkan semua jenis orang dan harapan mereka,” ungkapnya.

Wakil CEO Berkshire, Charlie Munger, mengatakan, untuk beberapa bisnis seperti dealer mobil, pandemi bahkan membawa keuntungan tak terduga. “Itu tidak hanya membuat kembali normal; itu menciptakan kesuksesan luar biasa yang tidak mereka antisipasi,” kata Munger. 

Baca Juga: Alasan Warren Buffett tak bagikan sisa kekayaan Rp 1.445 triliun ke anak-anaknya

"Dealer mobil menghasilkan uang yang tidak akan mereka peroleh seandainya pandemi tidak terjadi," sambungnya.

Karena penutupan pabrik dan kekurangan semikonduktor global, pembuat permintaan mobil mengalami lonjakan.

Berkshire Hathaway Automotive adalah salah satu grup dealer terbesar di Amerika, dengan lebih dari 78 dealer yang dioperasikan secara independen. Konglomerat ini juga memiliki BNSF Railway dan NetJets, sebuah perusahaan penyewaan jet bisnis swasta dan manajemen pesawat.

"Semua dealer kami memiliki mitra di setiap dealer, mereka dengan tulus merasa bahwa mereka akan menghadapi masalah besar di bulan Maret dan April," kata Buffett. 

“Beberapa mungkin ingin masuk untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, tetapi kami tidak mengizinkan mereka, karena mereka memiliki orang tua yang kaya ... kami tidak tahu apa yang akan terjadi dengan NetJets dalam hal permintaan,” sambungnya.

Baca Juga: Tips sukses di berbagai hal dari Sang Peramal dari Omaha, Warren Buffett

Pelajaran terbesar

Buffett mengatakan pelajaran terbesar yang dia pelajari dari pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya adalah betapa tidak siapnya dunia untuk situasi darurat yang pasti akan terjadi.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru