Wasit Semi-final Euro Inggris vs Belanda Memiliki Sejarah dengan Bellingham

Selasa, 09 Juli 2024 | 10:36 WIB Sumber: Reuters
Wasit Semi-final Euro Inggris vs Belanda Memiliki Sejarah dengan Bellingham

ILUSTRASI. Jude Bellingham merayakan golnya saat menghadapi Serbia di matchday 1 EURO 2024. Inggris menang tipis 0-1 atas Serbia pada hari Senin, 17 Juni 2024.


EURO 2024 - Wasit asal Jerman, Felix Zwayer, telah ditunjuk untuk memimpin pertandingan semi-final Euro 2024 antara Inggris dan Belanda di Dortmund.

Zwayer merupakan wasit yang pernah berselisih dengan Jude Bellingham di stadion yang sama.

Pada tahun 2021, ketika Bellingham masih bermain untuk Borussia Dortmund, gelandang Inggris tersebut dikenai denda sebesar 40.000 euro (US$43.320) karena komentarnya mengenai Zwayer setelah timnya kalah 3-2 dari Bayern Munich.

Baca Juga: Prediksi Line Up Prancis di Laga Spanyol vs Prancis, Semifinal EURO 2024

Dortmund mengajukan banding untuk penalti yang ditolak sebelum pemimpin Bundesliga, Bayern, mencetak gol dari titik penalti untuk meraih tiga poin penuh melawan rival terdekat mereka dan Bellingham marah ketika berbicara setelah pertandingan.

"Kamu bisa melihat banyak keputusan dalam pertandingan. Kamu memberikan wasit yang pernah memperbaiki pertandingan sebelumnya, pertandingan terbesar di Jerman. Apa yang kamu harapkan?" kata Bellingham saat itu.

Komentar tersebut merujuk pada periode dalam karir Zwayer yang mungkin ingin dilupakan olehnya.

Pada tahun 2005, wasit Robert Hoyzer dijatuhi hukuman dua tahun lima bulan penjara karena perannya dalam skandal pengaturan pertandingan besar yang mengguncang sepak bola Jerman dan meskipun Zwayer adalah salah satu yang melaporkan kecurigaannya, dia juga dihukum.

Zwayer diberikan larangan enam bulan oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) karena menerima 300 euro dari Hoyzer untuk setuju membuat keputusan yang salah selama pertandingan saat dia menjadi asisten wasit.

Baca Juga: Jadwal Semi Final Euro 2024 Lengkap, Catat Tanggalnya!

Dia mengambil istirahat singkat setelah komentar Bellingham, tetapi sejak itu telah memimpin final Liga Negara 2023 dan di Euro 2024. Zwayer telah memimpin tiga pertandingan sebelum semi-final.

UEFA menolak berkomentar ketika dihubungi oleh Reuters tentang penunjukan Zwayer untuk pertandingan hari Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru