Wasit Szymon Marciniak Mimpi Buruk Bagi Messi Cs di Final Piala Dunia

Sabtu, 17 Desember 2022 | 10:28 WIB   Reporter: kompas.com
Wasit Szymon Marciniak Mimpi Buruk Bagi Messi Cs di Final Piala Dunia

ILUSTRASI. Kylian Mbappe dan Lionel Messi


LIGA PRANCIS - JAKARTA. Penunjukan Szymon Marciniak sebagai wasit utama laga Argentina vs Perancis pada final Piala Dunia 2022 sekaligus membangkitkan kenangan buruk Lionel Messi. 

Marca menuliskan, Lionel Messi telah beberapa kali menelan hasil buruk ketika tampil dalam laga yang dipimpin oleh wasit Szymon Marciniak. 

Kenangan buruk Lionel Messi di hadapan Szymon Marciniak berawal ketika sang megabintang masih bermain untuk Barcelona. 

Pada musim 2016-2017, Lionel Messi bersama Barcelona dijadwalkan melawan Paris Saint-Germain (PSG) di babak 16 besar Liga Champions. 

Szymon Marciniak pun ditunjuk menjadi wasit utama pada leg pertama 16 besar Barcelona vs PSG tersebut. 

Baca Juga: Gagal Final Piala Dunia 2022, Begini Perjalanan Kroasia Hingga Lolos Semifinal

Lalu, hasil akhir menunjukkan, Barcelona takluk 0-4 di markas PSG. Kekalahan itu selayaknya menjadi pukulan besar besar bagi Lionel Messi dkk. 

Namun, keajaiban besar terjadi pada leg kedua. Ketika melakoni leg kedua di Camp Nou, Barcelona menang 6-1 atas PSG sehingga unggul agregat dan lolos ke perempat final Liga Champions 2016-2017. 

Selanjutnya, di perempat final, Barcelona melawan Juventus dan Szymon Marciniak pun kembali ditunjuk menjadi wasit pada leg pertama. 

Lionel Messi yang tampil pada leg pertama kontra Juventus lagi-lagi memperoleh kenangan buruk di hadapan Szymon Marciniak.

Dia gagal membawa Barcelona meraih kemenangan. Bahkan, Blaugrana harus rela menelan kekalahan 0-3 di markas Juventus. Setelah itu, tak ada lagi keajaiban untuk Barcelona. 

Juventus sukses memaksakan hasil imbang pada leg kedua dan menyingkirkan Lionel Messi dkk. Berselang beberapa tahun kemudian, Messi kembali tampil dalam laga yang dipimpin oleh Szymon Marciniak. 

Baca Juga: Begini Perempat Final Piala Dunia 2014, Prancis & Brasil Tak Pernah Absen

Szymon Marciniak ditunjuk menjadi wasit utama dalam laga fase grup Piala Dunia 2018 antara Argentina dan Islandia. 

Messi gagal membawa Argentina meraih kemenangan dalam laga tersebut. 

Dia pun sempat melewatkan kesempatan emas setelah eksekusi penaltinya mampu digagalkan oleh kiper Islandia, Hannes Thor Halldorsson. 

Laga Argentina vs Islandia kemudian berakhir dengan skor 1-1 dan lagi-lagi Messi ditimpa kenangan buruk dalam laga yang dipimpin oleh Szymon Marciniak. 

Messi baru bisa memutus kenangan buruk di hadapan Szymon Marciniak ketika tampil pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 kontra Australia, 4 Desember lalu. 

La Pulga, julukan Messi, berhasil mencetak satu gol dan membawa Argentina menang 2-1 dalam laga yang dipimpin oleh Szymon Marciniak tersebut. 

Baca Juga: Presiden FIFA: Piala Dunia Antar Klub Akan Menampilkan 32 Tim pada 2025

Selanjutnya, Messi dan Szymon Marciniak akan kembali beraksi di lapangan yang sama. Messi sebagai pemain dan Szymon Marciniak sebagai pengadil lapangan. 

Momen tersebut akan tersaji dalam final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Perancis yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, pada Minggu (18/12/2022) malam WIB. 

Szymon Marciniak selaku wasit utama tak bertugas sendirian dalam laga pamungkas tersebut. Wasit asal Polandia itu akan ditemani oleh Pawel Sokolnicki (asisten wasit 1), Tomasz Listkiewicz (asisten wasit 2), dan Ismail Elfath (ofisial keempat).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Argentina Vs Perancis, Penunjukan Wasit Szymon Marciniak Bangkitkan Kenangan Buruk Messi", Klik untuk baca: https://bola.kompas.com/read/2022/12/17/06000058/argentina-vs-perancis-penunjukan-wasit-szymon-marciniak-bangkitkan-kenangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru