CLOSE [X]

Waspada! Ketahui 4 Jenis Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Senin, 18 April 2022 | 16:40 WIB Sumber: Eva Mulia Clinic
Waspada! Ketahui 4 Jenis Makanan yang Menyebabkan Jerawat

ILUSTRASI. Waspada! Ketahui 4 Jenis Makanan yang Menyebabkan Jerawat


KONTAN.CO.ID - Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah pola makan yang tidak sehat. Makanan yang dikonsumsi setiap harinya pasti akan berpengaruh pada kondisi tubuh, khususnya kesehatan kulit. Oleh karena itu, mulai kurangi atau pun hindari jenis makanan yang menyebabkan munculnya jerawat. Ada apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini dilansir dari evamuliaclinic.com. 

1. Makanan dan Minuman Manis

Pertama, jenis makanan yang menyebabkan jerawat adalah makanan dan minuman manis. Rasa manis pada donat dan minuman boba memberikan kenikmatan di lidah. Padahal makanan dan minuman tinggi gula, seperti kue manis, soda, dan jus buah yang dikemas dengan tambahan gula, juga dapat menyebabkan jerawat. Hal ini karena kadar glukosa yang cukup tinggi dapat memicu peningkatan insulin dan menyebabkan jerawat. 

2. Produk Olahan Susu

Jenis makanan yang menyebabkan jerawat selanjutnya yaitu produk olahan susu. Susu, keju, dan es krim walaupun tinggi kalsium, sebenarnya dapat menyebabkan munculnya jerawat jika dikonsumsi secara berlebihan. Asam amino dalam produk susu juga dipercaya membuat kelenjar sebaceous lebih aktif dan memicu jerawat.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mengatasi Kulit Kusam Selama Menjalankan Puasa

3. Keripik Kentang

Siapa yang suka ngemil keripik kentang? Kebiasaan ini mulai dihindari, yuk karena bisa menyebabkan jerawat. Keripik kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain keripik kentang, kentang goreng dan roti juga tinggi karbohidrat yang harus Anda hindari.

4. Makanan Berlemak

Terakhir, jenis makanan penyebab jerawat adalah makanan berlemak. Makanan berlemak biasanya tinggi lemak dan garam, seperti gorengan dan makanan cepat saji. Kandungan lemak dapat mempengaruhi munculnya jerawat.

'Selain itu, ada banyak hipotesis bahwa makanan pedas juga bisa menyebabkan jerawat. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas tidak berpengaruh pada jerawat.

Selain keempat jenis makanan di atas, banyak penyebab lain yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Contohnya adalah konsumsi obat-obatan tertentu, kadar hormon dalam tubuh, dan stres. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru