Wavemaker meluncurkan terobosan platform planning multi khalayak- Maximize

Kamis, 11 Februari 2021 | 16:55 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Wavemaker meluncurkan terobosan platform planning multi khalayak- Maximize

ILUSTRASI. Kontan - Wavemaker Kilas Produk Online


TEKNOLOGI - Didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) dan kumpulan data terbaik di kelasnya, menjadikan Maximize sebagai produk pertama di industri yang memungkinkan end-to-end planning untuk menjangkau target khalayak yang terfragmentasi

Wavemaker telah meluncurkan platform media-planning secara global yang didukung teknologi AI (Artificial Intelligence), yaitu Maximize.  Maximize memungkinkan para Media Planner untuk membuat media plan yang menjangkau banyak khalayak secara terperinci dan mengoptimalkan pembiayaan media hanya dalam hitungan menit.

Masyarakat yang saat ini sangan terfragmentasi menambah kompleksitas dan waktu pada proses pembuatan media planning untuk klien dan agensi. Maximize memungkinkan para planner untuk menghasilkan visi media-planning yang menjangkau khalayak secara individu, tidak hanya menjangkau kelompok segmen khalayak seperti yang sedianya banyak saat ini dilakukan di industri media. Hasilnya adalah media-planning yang lebih terperinci dan personal, namun dengan kemampuan menjangkau banyak sekali individu secara bersamaan, mempertimbangkan berbagai kebiasaan (attitude) khalayak, dan menilai media/channel terbaik untuk membuat kampanye iklan yang optimal, dalam waktu yang singkat.

Didukung oleh teknologi AI dan machine learning, Maximize mengolah dan menganalisa berbagai macam data dari sumber global maupun sumber lokal termasuk data-pertama dari pihak klien (first party data), data dari LivePanel GroupM, dan data Momentum milik Wavemaker.  Maximize adalah bagian dari pendekatan media-planning menyeluruh yang dimiliki Wavemaker yang disebut Provocative Planning Framework, sistem modular yang menggabungkan machine learning dan kecerdasan manusia untuk mendapatkan hasil terbaik dari keduanya.

Toby Jenner selaku CEO Global Wavemaker, menjelaskan lebih lanjut: “Maximize mengatasi salah satu rasa frustrasi terlama di industry ini - bahwa semua media plan terlihat sama. Didukung dengan sumber data yang kuat dan dikemas dengan teknologi Artifical Intelligence (AI), Maximize mempercepat pembuatan media plan dan memiliki kemampuan cerdas untuk membuat media-plan yang mendorong pertumbuhan bisnis bagi klien kami.

Ini sudah digunakan dan sudah memberikan hasil.  Menghasilkan media plan yang rata-rata 30% lebih efektif untuk klien kami.  Juga sudah kami aplikasikan dalam beberapa picth (tender), membantu kami mencapai predikat sebagai agency dengan tingkat kesuksesan pitch (tender) yang tinggi menurut catatan COMvergence untuk periode Q1-Q3 2020.”

Stephan Bruneau, Global Head Product di Wavemaker, yang memimpin proyek ini, menambahkan: “Membuat media plan adalah tantangan karena meningkatnya jumlah segmen khalayak yang perlu disertakan dalam kampanye iklan. Beberapa bertumpang tindih secara signifikan, orang-orang yang dimasukkan dalam beberapa segmen berbeda berisiko terpapar berkali-kali secara berlebihan oleh iklan sehingga menjadikan pemborosan yang tidak perlu untuk klien kami.  Maximize menggunakan teknik dan teknologi yang jarang digunakan dalam industri pemasaran dan secara efektif merupakan satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah fragmentasi khalayak.”

Stephan Pretorius selaku Global Chief Technology Officer di WPP, berkomentar: “AI telah memperluas lingkup pengaruhnya terhadap banyak aspek pemasaran, tetapi hingga saat ini tidak dalam media planning. Platform planning bertenaga AI yang menarik dari Wavemaker yaitu Maximize, diatur untuk mengubah cara tim bekerja dan mendukung para planner untuk menghasilkan media plan yang paling efektif dan efisien untuk klien dalam tataran media yang semakin kompleks dan terfragmentasi.”

Maximize dikembangkan oleh tim yang terdiri dari 75 ahli strategi, para planner, arsitek dan ilmuwan data, pengembang perangkat lunak, penguji, dan para perancang yang berbasis di kampus Wavemaker, Warsawa, dengan dukungan desain pengguna dari Mirum WPP.

Selama pengembangan, tim melakukan uji paralel manusia vs. mesin, menantang tim planner  yang berpengalaman untuk membuat media-plan yang akan mengoptimalkan jangkauan di tiga segmen khalayak yang bertumpang tindih, dan mereka tidak mampu menyelesaikan tugas tersebut secara maksimal. Setiap kali mereka memperbarui jangkauan (reach) untuk satu segmen khalayak, mereka kehilangan jangkauan untuk dua segmen lainnya. Sebaliknya, Maximize menyelesaikan masalah tersebut hanya dalam 1,5 menit. Menggunakan Maximize dapat membuat para planner untuk bekerja lebih kreatif, fokus terhadap metode- metode inovasi yang mana dapat memprovokasi pertumbuhan lebih jauh lagi untuk klien.

 

 

Tentang Wavemaker

Kami percaya selalu ada cara yang lebih baik untuk berkembang. Kami secara positif memprovokasi pertumbuhan bagi klien kami dengan membentuk kembali proses pengambilan keputusan dan pengalaman konsumen melalui media, konten, dan teknologi. Secara konsisten dan didorong oleh data-data riset konsumen terbaik, kami memahami di mana dan bagaimana pemasaran dapat melakukan intervensi secara tegas untuk membantu merek mendorong lebih banyak penjualan. 7.200 orang karyawan kami di 88 negara memiliki pengetahuan, keyakinan, dan keberanian yang dalam untuk memprovokasi pertumbuhan bagi merek dan bisnis terkemuka dunia.

Wavemaker adalah bagian dari GroupM, perusahaan manajemen investasi media global WPP. Temukan lebih banyak tentang kami di wavemakerglobal.com, Twitter and LinkedIn 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal

Terbaru