Wayang Ajen suguhkan budaya lokal etnik

Minggu, 19 November 2017 | 12:40 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Wayang Ajen suguhkan budaya lokal etnik


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Memasuki akhir pekan saatnya berlibur. Buat yang ingin menikmati akhir pekan dengan suguhan budaya khas tanah air, coba deh ke Ciamis, Jawa Barat. Ada suguhan atraksi wisata budaya pertunjukkan kolaborasi ‘Wayang Ajen’ oleh Ki Dalang Wawan Ajen.

Jika dua pekan lalu Wayang Ajen sukses menghibur masyarakat Garut, kali ini Wayang Ajen tampil di Ciamis, tepatnya di Alun-Alun Rancah, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu 18 November 2017.

Salah satu kelompok wayang kebanggaan tanah air yang telah diapresiasi di 51 negara ini dijamin menyuguhkan tampilan yang menghibur.

Wayang Ajen memang dikenal dengan suguhan yang menghadirkan tafsir baru, membaca tradisi dengan cara-cara modern sehingga menjadi sesuatu yang berbeda. Penciptaan kembali struktur pertunjukan wayang golek Sunda tradisi.

Wayang Ajen mengkolaborasikan wayang golek, multimedia dan komposisi musik dan seni lainnya dalam sebuah pertunjukan serta didukung juga penataan artistik panggung, keserasian tata cahaya, serta kostum yang harmonis, layaknya sebuah konser yang diminati anak muda.

"Wayang Ajen memang salah satu kelompok seni wayang yang sudah dikenal. Karenanya kami berkolaborasi dengan Wayang Ajen untuk mempromosikan Pesona Indonesia melalui seni pertunjukan," ujar Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti dalam keterangan yang diterima KONTAN, Minggu (19/11).

Seperti diketahui, jaraknya yang dekat dengan Jakarta menjadikan Jawa Barat sebagai salah satu destinasi utama wisatawan. "Dengan demikian minat wisatawan untuk berkunjung ke Jawa Barat semakin tinggi," ujarnya.

Urusan wisata budaya, Ciamis memang punya segudang daya tarik. Ada Situ Lengkong Panjalu, destinasi yang menyuguhkan indahnya danau dengan sebuah pulau di tengahnya.

Selain itu, Kabupaten Ciamis juga memiliki Ciung Wanara yang merupakan Situs Peninggalan Kerajaan Galuh. Ciung Wanara adalah situs purbakala bercorak Hindu-Budha. Belum cukup, ada juga Kampung Kuta. Terletak di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari.

Ini adalah lokasi dimana wisatawan dapat menemukan masyarakat yang menjunjung tinggi kearifan lokal. Ciamis juga punya destinasi yang menyuguhkan keindahan alam seperti Curuh Tujuh Cibolang, Pantai Batu Karas, Pantai Batu Hiu, Pantai Karang Nini dan lainnya.

Seperti diketahui bahwa ketertarikan wisatawan untuk berkunjungan ke Indonesia, khususnya wisatawan mancanegara, 60% dipengaruhi oleh faktor budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru