Gadget

WhatsApp bakal kedatangan fitur canggih, bisa mengirim pesan dan akan hilang otomatis

Selasa, 03 November 2020 | 09:19 WIB   Penulis: Arif Budianto
WhatsApp bakal kedatangan fitur canggih, bisa mengirim pesan dan akan hilang otomatis

ILUSTRASI. Whatsapp bakal kedatangan fitur canggih, bisa mengirim pesan dan akan hilang otomatis

KONTAN.CO.ID - Sebentar lagi WhatsApp kedatangan fitur canggih bernama Disappearing Message atau pesan yang menghilang otomatis. Seperti apa cara kerja fitur tersebut? Begini penjelasannya.

Siapa yang tidak mengenal WhatsApp? Sepertinya sudah menjadi seperti sebuah kewajiban pemiliki smartphone download dan install aplikasi WhatsApp.

Sehari-hari kebanyakan pengguna smartphone pasti hampir selalu membuka WhatsApp. Entah sekedar membalas pesan, mengecek status orang atau untuk keperluan pekerjaan.

Kemudahan dan fitur yang beragam membuat orang-orang memilih WhatsApp sebagai aplikasi yang tepat untuk berkomunikasi.

Baru-baru ini, ada sebuah fitur canggih WhatsApp yang akan segera hadir.

Mengutip dari WABetainfo, fitur tersebut bernama Disappearing Message yang memungkinkan Anda mengirim pesan dan bisa hilang secara otomatis.

Baca Juga: Mau ganti background di Google Meet web, begini caranya

Menegenai fitur Disappearing Message di WhatsApp

Disappearing Message - Whatsapp; Credit: WABetainfo

Sesuai dengan namanya, fitur Disappearing Message memungkinkan untuk mengirim pesan WhatsApp dan akan hilang secara otomatis.

Dalam jangka waktu 7 hari setelah fitur disappearing message diaktifkan, pesan yang terkirim akan hilang. Artinya jika pesan tidak dibuka setelah 7 hari, maka pesan tersebut akan hilang.

Namun pratinjau pesan yang muncul di notifikasi tetap akan muncul meskipun pesan tersebut tidak dibuka setelah lebih dari 7 hari.

Fitur ini bisa Anda gunakan ketika ngobrol secara individu ataupun di grup WhatsApp. 

Secara otomatis, pesan yang Anda kirimkan bila mana menggunakan fitur disappearing message akan kadaluwarsa atau hilang setelah 7 hari.

Meskipun pesan yang dikirimkan bisa hilang dalam waktu tertentu. Pengguna masih bisa mengakali untuk menyimpan pesan tersebut dengan tangkapan layar atau screenshot

Perlu diingat, yang hilang hanyalah pesan teksnya saja, bila ada gambar atau foto yang dikirim bersamaan tetap tersimpan di smartphone.  

Ya, pesan yang Anda kirimkan meskipun sudah mengaktifkan fitur disappearing message masih bisa di screenshot. Sehingga bila pesan tersebut sudah hilang sekalipun masih bisa dibaca lewat screenshot yang telah diambil.

Untuk saat ini, fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan. Kelak fitur disappearing message ini akan tersedia secara luas untuk seluruh pengguna WhatsApp lewat update terbarunya.

Kelak fitur ini bisa dijajal lewat WhatsApp di Android, iOS dan juga Web.

Selanjutnya: Sudah berakhir, PUBG Mobile tak akan bisa diakses lagi di India!

 

Editor: Arif Budianto
Terbaru