WhatsApp Business, apps yang patut terpasang di smartphone pebisnis

Kamis, 11 Juli 2019 | 19:06 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
WhatsApp Business, apps yang patut terpasang di smartphone pebisnis


TEKNOLOGI - JAKARTA. WhatsApp Business merupakan aplikasi pesan digital yang di desain untuk mendukung pengusaha menjalankan bisnisnya.

Dikutip dari www.whatsapp.com, WhatsApp Business seolah bisa menjadi customer support yang mampu mengirimkan pesan penting kepada konsumen. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan notifikasi kepada konsumen.

Baca Juga: Ini cara cepat berbagi foto melalui WhatsApp

Seorang entrepreneur sebaiknya memasang dan menggunakan aplikasi pesan digital ini di smartphonenya. Dengan begitu bisa memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen.

Mengoperasikan WhatsApp Business cukup mudah, kok, karena aturan mainnya sama dengan WhatsApp Messenger.  

  1. Anda pasang aplikasi WhatsApp Business di ponsel pintar melalui Google Store atau App Store. Pastikan smartphone selalu terkoneksi dengan internet agar WhatsApp Business dapat di unduh dan di instal secara otomatis.
  2. Anda buka aplikasi WhatsApp Business yang sudah terpasang di ponsel. Kemudian, layar ponsel akan menampilkan halaman persetujuan lalu Anda ketuk "Agree and continue".
  3. Anda masukkan asal negara dan nomor ponsel lalu ketuk "Next". Tunggu beberapa saat, layar ponsel akan menampilkan halaman verifikasi. Anda ketuk "Ok" untuk melanjutkan proses registrasi.
  4. WhatsApp Bussiness akan mengirimkan kode verikasi (enam digit) melalui Short Message Service (SMS). Anda masukkan kode tersebut pada kolom yang telah disediakan.
  5. WhatsApp Bussiness akan menampilkan halaman info profil. Anda dapat memasang foto sesuai keinginan dan nama usaha. Setelah itu, Anda ketuk "Next" untuk melanjutkan proses install WhatsApp Business.
  6. Proses selesai dan Anda siap menggunakan aplikasi WhatsApp Business untuk keperluan bisnis. Perlu diingat, Anda pastikan ponsel selalu terhubung dengan internet saat proses install terakhir.

Baca Juga: Web WhatsApp, begini cara WA-nan tanpa perlu buka ponsel

Sama halnya menggunakan WhatsApp Messenger, Anda dapat mengatur WhatsApp Business sesuai keinginan. Caranya, Anda buka aplikasi WhatsApp Business lalu ketuk ikon pengaturan di kanan atas layar ponsel.

Kemudian Anda ketuk "Setting" dan lanjutkan dengan ketuk "Setting Business". Setelah itu, Anda akan melihat lima menu pengaturan yang muncul yakni profil, statistik, pesan di luar jam kerja, salam, dan balasan cepat.

Untuk mengatur tampilan profil, Anda ketuk menu "Profil". Anda masukkan foto profil sesuai keinginan. Kemudian, Anda masukkan alamat tempat bisnis, kategori usaha, dan alamat email. Anda dapat juga mengatur jam kerja dan layanan pada kolom jam kerja.

Baca Juga: Aturan baru, Twitter akan hapus konten berisi ujaran kebencian berdasarkan agama

Menu pesan di luar jam kerja merupakan Layanan balasan pesan otomatis yang dilakukan oleh sistem. Untuk mengaturnya, Anda ketuk menu "Pesan di luar jam kerja". Setelah itu, Anda tuliskan teks pesan untuk dikirim secara otomatis kepada si penerima, di kolom pesan. Anda lanjutkan dengan mengatur jadwal pengiriman pesan tersebut di kolom jadwal.

Menu Salam dan Balasan Cepat merupakan layanan balasan pesan otomatis yang dilakukan oleh sistem WhatsApp Business. Untuk pengaturannya, Anda ketuk menu "Salam" dan ketikkan teks sapaan.

Sedangkan, untuk mengatur menu Balasan Cepat, Anda ketuk menu "Balasan cepat". Sama dengan sebelumnya, Anda ketikan pesan teks untuk memberi balasan cepat kepada konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru