WhatsApp ubah kebijakan, pengguna harus serahkan data ke Facebook atau hapus akun

Kamis, 07 Januari 2021 | 10:57 WIB Sumber: Kompas.com
WhatsApp ubah kebijakan, pengguna harus serahkan data ke Facebook atau hapus akun

ILUSTRASI. Pengguna kini diharuskan menyerahkan data ke Facebook selaku perusahaan induk WhatsApp.


WHATSAPP - JAKARTA. Para pengguna WhastApp pekan ini telah mulai menerima pemberitahuan pembaruan Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi baru dari aplikasi pesan instan WhatsApp. Lewat notifikasi yang muncul ketika membuka WhatsApp, WhatsApp menyebutkan adanya tiga pembaruan penting.

Salah satunya, pengguna kini diharuskan menyerahkan data ke Facebook selaku perusahaan induk WhatsApp, jika ingin tetap menggunakan aplikasi tersebut. Padahal, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Kamis (7/1), sebelumnya pengguna bisa memilih apakah ingin meneruskan datanya ke Facebook atau tidak.

Kebijakan privasi baru WhatsApp

Sekarang tak ada pilihan lain kecuali menerima syarat itu. Notifikasi yang diterima KompasTekno berkaitan dengan kebijakan baru privasi WhatsApp, Kamis (7/1). "Informasi yang kami bagikan ke perusahaan lain di Facebook termasuk informasi registrasi akun Anda (berikut nomor telepon), data transaksi, informasi terkait layanan, informasi interaksi Anda dengan orang lain," tulis WhatsApp dalam sebuah laman di situsnya.

"Sebagai bagian dari Perusahaan Facebook, WhatsApp bermitra dengan Facebook untuk menawarkan pengalaman dan integrasi di seluruh keluarga aplikasi dan produk Facebook," lanjut WhatsApp.

Baca Juga: WhatsApp umumkan kebijakan privasi baru, berlaku bulan depan berikut penjelasannya

Selain poin berbagi data dengan Facebook, dua poin lainnya dalam perubahan kebijakan privasi WhatsApp berkisar soal pemrosesan data pengguna dan komunikasi dengan pemilik akun bisnis. Persyaratan baru dan kebijakan privasi WhatsApp akan mulai berlaku pada 8 Februari 2021.

Pengguna harus menerima persyaratan dan perubahan ini untuk tetap menggunakan akun WhatsApp mereka setelah batas waktu tersebut. Jika tidak setuju, WhatApp menyebutkan bahwa pengguna bisa menghapus akunnya. "Anda bisa mengunjungi help center kalau lebih suka menghapus akun dan ingin mendapatkan lebih banyak informasi," tulis WhatsApp dalam notifikasinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul WhatsApp Ubah Kebijakan, Pengguna Harus Serahkan Data ke Facebook atau Hapus Akun.
Penulis: Galuh Putri Riyanto
Editor: Oik Yusuf

Baca Juga: Pecahkan rekor! Lebih dari 1 miliar panggilan WhatsApp pas malam tahun baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru