WhatsApp uji coba fitur pesan rahasia yang bisa terhapus sendiri

Rabu, 02 Oktober 2019 | 21:39 WIB Sumber: Kompas.com
WhatsApp uji coba fitur pesan rahasia yang bisa terhapus sendiri

ILUSTRASI. WhatsApp


MEDIA SOSIAL - JAKARTA. WhatsApp sudah bisa menghapus pesan yang terlanjur dikirim. Ke depan, kemampuan itu mungkin akan dikembangkan lebih jauh lewat pengiriman pesan rahasia yang bisa terhapus sendiri dengan otomatis. WhatsApp dikabarkan sedang menguji coba fitur bernama "Disappearing Message" yang mirip-mirip Secret Chat di Telegram ini. 

Hal tersebut pertama kali dilaporkan oleh WABetaInfo yang dikenal kerap mengungkap calon fitur baru WhatsApp. Disebutkan bahwa Disappearing Messages muncul di WhatsApp versi 2.19.275 di platform Android. 

Baca Juga: Resmi dijual hari ini, Galaxy Watch Active 2 dibanderol mulai Rp 4.199.000

Dari bidikan layar, pengaturan ini muncul di menu "Group Setting" di aplikasi versi beta itu. Ada dua opsi waktu yang dipilih untuk menghapus pesan. Bisa pilih lima menit sekali atau satu jam sekali untuk menghapus pesan baru. 

Setelah diatur, pesan yang dikirim ke grup akan otomatis terhapus sesuai interval waktu yang dipilih. 

Sayangnya, seperti dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (10/2/2019), ada beberapa pembatasan yang berlaku untuk Disappearing Messages. Misalnya, fitur ini hanya bisa menghapus seluruh pesan yang dikirim seseorang ke grup, tak bisa dibuat hanya pesan-pesan tertentu saja yang dihapus. 

Kemudian, berkebalikan dari Secret Chat di Telegram yang khusus untuk obrolan pribadi, Disappearing Messages WhatsApp justru hanya bisa digunakan di grup saja. Pilihan waktu penghapusan otomatisnya pun hanya satu jam atau lima jam seperti disebutkan tadi. 

Baca Juga: Hore, sistem operasi iPadOS sudah bisa diunduh

Mungkin pengembangan Disappering Messages masih berada dalam tahap awal dan beberapa batasannya nanti bisa diubah agar lebih fleksibel. 

Namun, untuk sekarang, jadwal rilis fitur tersebut ke WhatsApp versi publik juga belum diketahui pasti. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WhatsApp Uji Coba Fitur Pesan Rahasia yang Bisa Terhapus Sendiri"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru