World Islamic Cultural Festival digelar 2018

Senin, 27 November 2017 | 13:59 WIB   Reporter: Jane Aprilyani

INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. World Islamic Cultural Festival (WICF) siap digelar di Cirebon tahun depan. Festival budaya Islam bertaraf internasional yang baru pertama kali digelar di dunia itu diharapkan bakal menjadi titik tolak kebangkitan kembali Cirebon. Event ini akan dilaksanakan pada 9-17 Juli 2018.

"Event ini juga bisa menjadi media membangun jaringan masyarakat untuk saling bertukar pikiran, berdiskusi, menyatukan visi dan membangun saling pengertian," ujar Sultan Sepuh XIV Cirebon, PRA Arief Natadiningrat.

Setidaknya ada 100 tokoh Muslim dunia dari berbagai negara yang dijadwalkan hadir di acara WICF. Dari mulai presiden Muslim, raja Muslim, pengusaha Muslim, seniman dan budayawan Muslim serta tokoh-tokoh Muslim lainnya, masuk radar tamu undangan.

“Tamu undangan yang datang akan mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Ini sekaligus menjadi ajang uji coba bandara yang baru akan dibuka tahun 2018,” ucapnya.

Cirebon sudah membangun satu hotel untuk acara ini. Dan di 2018 nanti, hotelnya dijadwalkan siap menerima tamu kenegaraan. Nanti ada satu hotel di depan Balai Kota Cirebon yang memenuhi standar global. Bahkan ada helipad di atasnya," katanya dalam keterangan pers, Senin (27/11).

Wakil Ketua WICF, Mhd Ridha Maha menjelaskan, pihaknya akan berupaya menghadirkan beberapa tokoh Islam dunia, termasuk cendekiawan Muslim untuk meramaikan festival. “Di antaranya Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan, Raja Maroko Muhammad VI, cendekiawan Muslim sekaligus Presiden Indonesia ketiga BJ Habibie,” ucapnya.

Rencananya, acara tersebut akan dihadiri sekitar 20 negara dengan total pengunjung lebih 150.000 orang. Berbagai kegiatan seperti konferensi internasional ekonomi syariah, pameran, forum bisnis syariah, pagelaran seni, dan budaya islam, talkshow, bazaar dan acara lainnya akan memeriahkan acara ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini
Tag

Terbaru